Friday 2 September 2016

Cara Tepat Membantu Anak dalam Mengerjakan PR


Begini Cara Tepat Membantu Anak dalam Mengerjakan PR

Banyak orang tua yang masih belum tahu cara yang tepat dalam mendampingi anak dalam mengerjakan tugas dari guru di sekolah atau PR (Pekerjaan Rumah). Dengan menumpuknya tugas yang diberikan di sekolah dan terkadang membuat anak stres, seringkali kita sebagai orang tua justru ingin turut aktif membantu.
Membantu anak dalam mengerjakan PR merupakan hal yang penting. Karena keberhasilan anak di sekolah sangat berhubungan dengan ketertarikan orang tua untuk terlibat dalam pendidikan anaknya.

Lalu, bagaimana sih cara tepat membantu anak dalam mengerjakan PR-nya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Menyediakan tempat nyaman untuk mengerjakan PR

Ada baiknya Anda menyediakan tempat khusus bagi anak yang akan mengerjakan PR. Pastikan kalau tempat tersebut bisa membuatnya merasa nyaman dan betah mengerjakan PR. Pastikan kalau Anda melibatkannya dalam pemilihan. Sediakan juga fasilitas yang dia butuhkan seperti perlengkapan sekolah atau komputer, yang akan membantu mereka mencari informasi dari internet.

Cukup mengawasi

Ingatlah bahwa pekerjaan rumah adalah tugas yang harus diselesaikan sendiri oleh anak. Oleh karena itu, jangan pernah mencoba untuk mencari tahu dan memberikan jawaban kepada anak karena hal tersebut akan membuatnya semakin malas. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memberikan bantuan ketika dia mengalami masalah. Bantuan yang berikan juga hanya dengan memberi tahunya cara untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Setelah anak mulai mengerti, dia pasti sudah bisa melanjutkan sendiri pekerkaan. Setelah pekerjaannya selesai, Anda bisa memeriksanya dan mengoreksi jika ada yang salah.

Mencari tahu hal yang diinginkan Guru

Usahakan untuk menjalin komunikasi dengan gurunya. Dengan begini Anda bisa mengetahui hal apa saja yang menjadi harapan dan keinginan seorang guru kepada buah hati Anda. Anda juga harus tahu cara mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Menjalin komunikasi dengan guru juga akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak, apakah dia kesulita belajar, memiliki masalah kemampuan belajar, suka menunda tugas dan sebagainya. Setelah itu, komunikasikan dengan anak tentang hal tersebut. Katakan kepadanya kalau Anda akan membantu dan mendukungnya untuk bisa berprestasi.

Puji usaha mereka, bukan hasil akhirnya

Anak-anak perlu belajar pentingnya kerja keras dan usaha. Pekerjaan rumah menyediakan kesempatan besar bagi Anda untuk memperkuat ketekunan anak. Mungkin Anda dapat memotivasi anak untuk tidak lekas menyerah, tekun menjalani, dan tidak putus asa bila menemui kesulitan. Satu-satunya cara agar anak-anak belajar tentang nilai usaha adalah dengan menekankan kepada mereka tentang pekerjaan yang harus diselesaikan setelah dimulai.

Nah, itu dia beberapa tips penting bagi Anda orang tua yang ingin membantu anaknya dalam mengerjakan PR. Kunci utama dalam membantu anak mengerjakan PR sebenarnya ialah komunikasi serta perhatian dari Anda. Dengan begitu anak akan merasa terbantu ketika Anda selalu menyemangati serta memberikan perhatian padanya.

No comments:

Post a Comment