Wednesday 19 October 2016

Tips Agar Siswa Memperhatikan Pelajaran di Kelas

Tips Agar Siswa Memperhatikan Pelajaran di Kelas

Homeschooling Pena-Homeschooling Surabaya, 19 Oktober 2016

Meski sudah panjang lebar menjelaskan materi di kelas, kadang kala beberapa siswa justru tidak menunjukan ketertarikannya atau malah tidak memperhatikan pelajaran di kelas. Sebagai guru, tentu Anda harus memiliki cara-cara tertentu agar para siswa tetap asyik belajar dan memperhatikan pelajaran di kelas.
Nah, berikut merupakan tips untuk Anda para guru agar siswa memperhatikan pelajaran di kelas. Yuk langsung simak saja ulasan berikut ini.

Tentukan kecepatan mengajar

Penelitian menemukan bahwa mengajar dalam tempo yang sesuai dapat membuat siswa memahami materi yang disampaikan.

Bergerak

Belajar di kelas tidak selalu duduk di bangku, memandang kearah papan tulis atau ke buku. Belajar di kelas bisa juga dilakukan dengan melakukan aktivitas atau permainan yang menyenangkan sambil menggerakan badan.

Menggunakan metode 10 banding 2

Maksud dari metode ini adalah guru memberikan siswa 2 menit untuk memproses dan merespon materi pelajaran untuk setiap 10 menit waktu mengajar.

Berikan umpan balik

Umpan balik sangat penting untuk siswa agar mereka merasa dirangkul dan diperhatikan oleh gurunya. Siswa dapat dimotivasi dengan komentar dan arahan yang membangun

Berikan 5-7 detik waktu berpikir

Ketika Anda melempar pertanyaan kepada siswa, berikan mereka kesempatan 5-7 detik untuk berpikir dan mencari jawabannya.

Memberi jeda ditengah kalimat

Hal ini dilakukan agar siswa dapat mengisi kata-kata kosong dikalimat yang sedang Anda bicarakan.

Gunakan metode 3-2-1 dalam merangukum

Pada sesi akhir pembelajaran ajarkan siswa untuk merangkum materi dengan metode 3-2-1. Siswa harus mengingat 3 hal yang mereka pelajari, 2 hal yang menarik bagi mereka, dan 1 pertanyaan mengenai materi yang diajarkan. Berikan waktu agar mereka berbagi pemikarannya dengan teman.

Baca juga Peran Pola Asuh Dalam Membentuk Karakter Anak

(sumber : Faqih F.)

No comments:

Post a Comment