Monday 28 November 2016

5 Cara Efektif Membuat Anak Gemar Membaca

HOMESCHOOLING PENA  
Setara ( SD/SMP/SMA ) 
TERAKREDITASI - BAN PNF

5 Cara Efektif Membuat Anak Gemar Membaca


Homeschooling Pena Surabaya, 28 November 2016

Membaca sangatlah bermanfaat terutama bagi anak-anak. Dengan gemar membaca maka anak akan memperoleh banyak informasi yang bisa ditemukan Alameda buku. Membaca juga akan membawa imajinasi anak lebih tinggi. Gemar membaca juga akan memberikan kesempatan kepada anak untuk menjadi orang sukses nantinya. Tetapi tidak semua anak gemar membaca. Mengapa demikian? Memang butuh trik dan cara dari orang tua agar anak gemar membaca. Kunci sukses membuat anak gemar membaca adalah menciptakankegiatan membaca menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Berikut cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat anak gemar dalam membaca :

1. Siapkan bahan bacaan yang pendek


Bila Anda menginginkan anak Anda gemar membaca, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat mereka agar tertarik dengan buku. Caranya adalah dengan memberikan bahan bacaan buku yang memiliki cerita pendek, jangan Anda memberikan bahan bacaan yang tebal. Berusahalah terlebih dahulu dengan buku yang memiliki konten gambar lebih banyak. Dari sana harus membina terus kemampuan anak, agar mereka tertarik dengan buku sehingga tumbuh semangat membacanya.

2. Ikut serta dalam kegiatan membaca anak

Caraya adalah Anda mesti ikut serta dalam membaca. Jangan sampai anak diminta untuk membaca tetapi Anda sendiri malah asik menonton. Ikutlah bersama anak saat mereka membaca. Anda harus bisa menjadi contoh bagi anak-anak. Ambil bahan bacaan yang bersifat umum. Dengan Anda ikut serta ketika anak membaca maka anak Anda akan merasa nyaman karena didampingi oleh orang tua.

3. Pelan-pelan

Semua perubahan yang terjadi butuh proses. Demikian halnya dengan membaca. Jangan sampai Anda memaksakan diri agar anak gemar membaca. Mulailah dengan materi ringan yang anak sukai. Mungkin dengan komik atau buku cerita, sebelum Anda memberikan materi pelajaran yang agak berat.

4. Jangan memaksa

Kegiatan apapun bila dilakukan dengan paksaan tidak akan membuahkan hasil yang baik. Sama halnya dalam membuat anak gemar membaca. Cobalah Anda melakukannya dengan sabar. Jangan sekali memaksa anak agar membaca. Yang terpenting adalah melakukan kegiatan membaca secara rutin dan berkelanjutan. Bila ini sudah Anda pegang teguh, maka anak akan dengan sendirinya tumbuh keinginan untuk membaca.

Baca juga Kekuatan Karakter Bagi Masa Depan Anak

5. Berikan penghargaan

Cara membuat anak gemar membaca memang memerlukan sebuah proses. Manakala anak sudah mampu melaksanakan kegiatan tersebut, maka Anda sebaiknya menghargai usaha mereka. Berikan penghargaan yang layak bagi anak. Dengan memberikan anak sebuah benda yang disukainya atau hanya sekedar ucapan hebat bahwa ia telah mampu menyelesaikan membaca sebuah buku.
Membaca sangatlah bermanfaat bagi perkembangan pengetahuan buah hati Anda. Membaca merupakan sebuah keterampilan yang harus dibiasakan dan dilatih. Bila sudah demikian maka, anak akan menjadi anak yang cerdas dan kebanggaan Anda.

Sumber : Pendidikan Karakter

Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 

TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

No comments:

Post a Comment