Friday 19 August 2016

Sambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dengan Pekan Lomba’45

Sambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dengan Pekan Lomba’45

Bulan Agustus bisa disebut juga menjadi salah satu bulan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Ya. Tepat tanggal 17 Agustus tiap tahunnya, masyarakat seluruh Indonesia dari sabang sampai merauke bersukacita memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI).

Hari kemerdekaan ini biasanya dijadikan sebuah momen menarik untuk lebih dekat bersama keluarga, tetangga dan juga masyarakat sekitar. Layaknya tradisi, peringatan 17 Agustus kerap kali diidentikan dengan perlombaan, upacara , hingga karnaval bertema merah putih.

Nah, tidak ada salahnya untuk Anda orangtua, momen HUT RI ini bisa dimanfaatkan untuk lebih mengenalkan serta menanamkan jiwa nasionalisme sejak dini agar cinta terhadap Indonesia. Ikut sertakan si kecil dalam serangkaian lomba yang diadakan daerah sekitar rumah Anda. Selain mengasah motorik si kecil, mengikuti lomba juga dapat membantu si kecil bersosialisasi dengan teman sebaya lebih baik.

Apa saja sih kegiatan yang bisa Anda lakukan dengan si kecil dalam menyambut hari kemerdekaan?

Partisipasi dalam perlombaan

Dalam ajang tahunan ini, anak-anak diajarkan mengenai sportivitas. tusuk balon tutup mata, masukan paku dalam botol dan lainnya. Perlombaan juga akan membantu si kecil dalam merasakan persaingan secara sehat dan memenangkan sebuah perlombaan. Ajarkan pula agar lebih berbesar hati saat kalah.







Lomba Membaca Pidato Bung Tomo di atas Panggung
Anak-anak berbakat dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi? Ajak anak untuk tampil di atas panggung.Seperti, menyanyi atau menari bersama. Keberanian balita untuk tampil dan respon positif Anda maupun lingkungan dapat membangun rasa percaya dirinya. Kali ini Lomba membaca pidato, ini akan melatih semangat dan lebih percaya diri dengan suara lantang pembacaan pidato pada umumnya









Mengikuti Pameran atau karnaval

Ajak Anak-anak untuk berani mengikuti karnaval atau pameran. Kesempatan ini mengasah rasa percaya diri dan keberanian balita untuk berkomunikasi dan menilai


Hias telur matang dengan nuansa Kemerdekaan Republik Indonesia

Selain mengasah kreatifitas anak, si kecil juga dapat pelajaran berharga mengenai rasa nasionalisme. Ajak anak melukis telur dengan cat atau cat air. Ajak anak untuk menghias dengan tema kemerdekaan, bisa di aplikasikan dengan bentuk atau gambar bendera merah putih, atau dengan warna merah putih, dll yang menggambarkan tentang kemerdakaan Republik Indonesia. Di sini kreatifitas Anak akan diuji dan berkembang.






   
Selamat Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71!

No comments:

Post a Comment