Wednesday 3 August 2016

Ujian Perbaikan untuk memperbaiki nilai UN

Ujian Perbaikan untuk memperbaiki nilai UN


Homeschooling Surabaya-Homeschooling Pena, 03 Agustus 2016 – info

Siswa yang memiliki nilai ujian nasional di bawah 55 masih bisa melakukan perbaikan. Pasalnya, pendaftaran ujian nasional perbaikan (UNP) diperpanjang. Berdasarkan data unp.kemdikbud.go.id, pendaftaran UNP yang dibuka 1 Juni dan berakhir 16 Juli diperpanjang hingga Jumat 5 agustus pukul 12.00 WIB.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman unp.kemdikbud.go.id tanpa dipungut biaya. Adapun ujian dilaksanakan pada 29 Agustus – 7 September.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur (Dikbud Jatim) Saiful Rachman menyatakan, pelaksanaan UNP tidak wajib. Peserta didik yang ingin memperbaiki nilai ujian nasionalnya dipersilakan mendaftar. Terutama bagi mereka yang sudah lulus, tetapi nilainya belum mencapai nilai standar minimal, yakni lebih dari 55 pada satu atau lebih mata ujian.

”Peserta mendaftar sendiri secara online langsung ke pusat,” katanya. Pendaftaran tidak dilakukan orang lain ataupun dikoordinasi melalui sekolah.
Tahun ini peserta dengan nilai unas di bawah 55 di Jawa Timur cukup banyak. Di jenjang SMA, nilai di bawah 55 mencapai 29,96 persen. Di jenjang MA sebanyak 43,35 persen dan jenjang SMK 44,2 persen.

Mantan kepala Badan Diklat Jatim itu mengimbau siswa agar segera mendaftar UNP. Sebab, perbaikan nilai sangat berguna untuk kepentingan melamar pekerjaan atau melanjutkan studi.
Peserta UNP 2016 merupakan peserta ujian nasional tahun pelajaran 2014-2015 dan 2015-2016 jenjang SMA sederajat dan SMK yang sudah lulus, tetapi belum mencapai nilai standar minimal. Peserta yang sudah mendaftar harus melakukan daftar ulang pada 9-11 Agustus.

No comments:

Post a Comment