Wednesday 28 December 2016

Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Belajar Anak

HOMESCHOOLING PENA  
Setara ( SD/SMP/SMA ) 
TERAKREDITASI - BAN PNF

Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Belajar Anak


Homeschooling Pena Surabaya, 28 Desember 2016

Sukses dalam belajar adalah harapan setiap siswa. Begitu juga dengan para orang tua, tidak ingin anak yang mereka sayangi gagal di dalam belajar. Tapi, perlu diingat bahwa kesuksesan belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain faktor dari dalam diri siswa itu sendiri, kesuksesan dalam belajar juga dipengaruhi oleh faktor luar.

Berikut faktor dari luar yang mempengaruhi kesuksesan belajar siswa:

1. Cara belajar siswa itu sendiri

Cara belajar siswa yang salah, tentu tidak akan menghasilkan prestasi belajar yang baik. Meskipun siswa tersebut memiliki kemampuan diri yang luar biasa. Begitu juga sebaliknya, siswa yang hanya memiliki kemampuan yang biasa saja, namun dengan cara belajar yang tepat akan menghasilkan prestasi belajar yang maksimal. Dengan cara belajar seperti itu maka akan mempengaruhi kesuksesan belajar siswa itu sendiri. Dukungan orang tua kepada anak untuk sukses belajar bisa dilakukan dengan memberikan fasilitas. Namun tidak hanya itu saja, pentingnya orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah juga sangat penting.

2. Sistem pengajaran

Sistem pengajaran memberikan peluang yang sangat tinggi bagi kesuksesan belajar siswa. Pengajaran yang lebih menekankan kondusif dan efektif akan mempengaruhi keberhasilan siswa. Guru yang sabar dan mampu mengajar dengan lebih tekun dengan menggunakan berbagai media pembelajaran akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Pembelajaran yang menarik lebih memberikan peluang bagi pembelajaran yang efektif dan kondusif. Pengajaran yang diterapkan guru harus selalu inovatif, selalu mengarah dari yang mudah ke hal yang sulit, dan tidak terpusat kepada siswa.

4. Keluarga

Keluarga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan belajar siswa. Siswa yang memiliki keluarga dengan kondisi yang berantakan apalagi sering ribut tentu agak sulit bagi anak untuk belajar dengan nyaman. Bila belajar sudah tidak nyaman, lalu bagaimana dengan prestasinya? tentulah tidak akan menghasilkan prestasi yang baik. Disamping itu, keluarga yang tidak peduli dengan belajar anak di rumah, kurang perhatian dan hanya memarahi anak saja ketika mereka tidak mampu memberikan prestasi belajar yang diharapkan tentu akan kurang memotivasi anak untuk lebih maju. Nah, bagi Anda yang memiliki anak yang masih duduk di bangku sekolah, maka harus ikut serta dalam memberikan yang terbaik bagi kesuksesan belajar mereka. Disamping faktor dari dalam diri siswa itu sendiri, dukungan dan pengaruh dari luar juga sangat berpengaruh bagi siswa itu sendiri.

Baca juga Pentingnya Membangun Lingkungan Berkarakter

5. Sumber-sumber belajar

Tentunya siswa tidak akan memiliki banyak informasi apabila hanya dengan mengandalkan satu buku ketika belajar atau hanya dengan mengandalkan penjelasan dari guru saja. Penting bagi siswa dan orang tua siswa itu sendiri untuk memberikan sumber-sumber belajar lainnya kepada anak mereka. Dengan kemajuan zaman sekarang ini, belajar tidak hanya dari buku.

Semoga berguna bagi kita semua khususnya Anda yang mempunyai anak dalam masa pendidikan.

Sumber : Kesekolah

Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 

TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

No comments:

Post a Comment