Tuesday 27 December 2016

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memberikan Gadget pada Anak

HOMESCHOOLING PENA  
Setara ( SD/SMP/SMA ) 
TERAKREDITASI - BAN PNF

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memberikan Gadget pada Anak



Homeschooling Pena Surabaya, 27 Desember 2016

Anak-anak di zaman sekarang tidak pernah lepas dari gadget. Banyak ilmu pengetahuan dan informasi bisa didapatkan dengan cepat melalui media ini. Anak-anak juga bisa belajar dengan metode yang beragam dengan gadget. Orang tua mau tidak mau harus bersikap bijak dalam menghadapi fenomena ini. Orang tua tidak bisa serta merta melarang anak bermain gadget, mengingat manfaat dari gadget juga sangat kaya. Agar anak anak bisa mendapatkan manfaat dari gadget, maka kami telah memamaparkan beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua agar anak bisa tetap menggunakan gadget dengan aman.

1. Proteksi

Sebagai orang tua di zaman modern, Anda perlu melek teknologi. Anda perlu memahami cara memblokir suatu situs atau website yang kurang pantas bagi anak-anak. Saat ini perkembangan aplikasi juga berjalan sangat cepat. Ada ribuan aplikasi beredar di internet, dan banyak diantaranya bisa didownload gratis. Dalam hal ini, Anda juga perlu bertindak tegas dalam hal pendownloadan aplikasi. Pastikan anak tidak boleh mendownload aplikasi sendiri. Andalah yang harus mendownload setiap aplikasi yang boleh dimainkan anak. Pastikan Anda jugalah orang yang memainkan aplikasi tersebut, sehingga anak juga terhindar dari berbagai macam konten atau iklan aplikasi yang tidak pantas ditonton anak-anak.

2. Supervisi

Awasilah anak saat bermain gadget. Sesekali Anda perlu mengadakan pemeriksaan mendadak pada HP anak. Sehingga bila ada konten - konten yang kurang pas bagi anak, Anda dapat segera menghapusya.

3. Atur jadwal pemakaian

Jangan biarkan anak terlalu sering menggunakan gadget. Karena bila anak terlalu sering menggunakan gadget, tentu saja akan memberikan efek negatif bagi anak, terutama dalam hal prestasi belajar dan kebutuhan bersosialisasi anak. Maka aturlah jadwal pemakaian perangkat ini. Anda bisa memulainya dengan mengijinkan anak memainkan gadget hanya pada hari Sabtu dan Minggu saja. Orang tua perlu tegas dalam hal ini. Bila anak mulai melanggar aturan, Anda bisa segera memberikan konsekuensi yang bisa membuat anak jera. Misalnya tidak bermain gadget selama satu minggu. Dengan adanya aturan ini, anak pun akan semakin disiplin dalam penggunaan gadget. Anak juga akan belajar tentang kepatuhan pada aturan.

4. Konten

Orang tua perlu menambah wawasan tentang website, aplikasi, atau pun game-game online yang biasa dimainkan anak. Jangan biarkan anak bermain game yang telalu banyak menampilkan adegan kekerasan dan konten-konten dewasa lainnya. Bagaimana pun anak adalah seorang peniru yang ulung. Maka berikanlah konten-konten yang edukatif dan baik agar anak bisa mendampatkan manfaat yang baik dari konten yang ia mainkan.

5. Jangan biarkan anak bermain terlalu lama

Seperti kita tahu bahwa radiasi gadget berpengaruh pada mata anak. Perlu ada kesepakatan antara Anda dan anak agar anak bisa mengontrol diri dalam menggunakan gadget. Orang tua perlu bersikap konsisten. Walaupun di masa libuaran, aturan harus tetap dipatuhi. Walaupun mungkin akan ada kesepakatan baru, namun hal yang terpenting adalah tidak membiarkan anak bermain gadget terlalu lama, misalnya lebih dari tiga jam.

Baca juga 08 Jenis Kecerdasan Anak, Cara Belajar dan Prediksi Karier yang Sesuai

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah perhatian Anda kehidupan sosial anak. Jangan sampai terjadi anak menjadi malas bersosialisasi karena sudah puas dengan sahabat karibnya yang bernama "gadget". Orang tua perlu mendorong anak untuk bermain bersama anak-anak lain di lingkungan sekitar. Aktif dalam acaara-acara anak yang diadakan di lingkungan sekitar. Orang tua juga perlu menjelaskan kepada anak akan pentingnya kehidupan sosial atau bergaul dengan sesama, serta mendidik anak akan pentingnya sifat berempati pada sesama yang kian terkikis oleh karena kehadiran gadget di dunia anak-anak. Demikian tips dari kami, Semoga berguna bagi orang tua di seluruh tanh air agar terhindar dari dampak negatif gadget.

Sumber : Kesekolah

Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 

TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

No comments:

Post a Comment