Monday 3 April 2017

Mengetahui Alasan Kebiasaan Siswa Mencoret-Coret Meja



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF

Mengetahui Alasan Kebiasaan Siswa Mencoret-Coret Meja


Pada saat Anda sekolah dulu atau masih sekolah sekarang ini, pasti pernah melihat meja atau kursi belajar di kelas banyak coretan? Jarang melihat meja dan kursi belajar terbebas dari coretan. Selalu ada coretan di meja siswa maupun sampai ke meja guru. Baik dalam bentuk coretan gambar, ukiran atau hanya coretan tulisan nama atau kata-kata tertentu.Bagi sebagian kecil siswa, mencoret meja itu menjadi hal yang menyenangkan, bahkan bisa menguntungkan. Mencoret-coret meja itu sebenarnya merupakan hal yang tidak baik, karena itu termasuk dalam merusak fasilitas sekolah. Walaupun meja tersebut telah diberi alas, mereka malah mencoret alasnya tersebut. Baik itu alas yang berupa kertas, ataupun berupa plastik. Kebiasaan mencoret-coret meja oleh siswa, bisa saja disebabkan oleh beberapa hal berikut ini,

Rasa suntuk atau bosan

Suntuk atau bosan seringkali memicu seorang siswa untuk mencorat-coret meja, baik itu berupa tulisan, gambar, nama orang, atau hanya sekedar coretan-coretan lainnya. Pada saat jam istirahat atau pada saat tidak ada guru, tangan kita sedang memegang pena, atau spidol, sedangkan yang terdekat adalah meja. Maka kita akan menuliskannya ke meja tersebut. Untuk mengatasinya, sibukkanlah dengan belajar atau dengan hal yang berguna.

Mencatat kunci jawaban

Pada saat ulangan ataupun ujian, mungkin ada beberapa siswa yang curang. Mereka mencatat ciri-ciri, istilah, atau berbagai hal lain yang berkaitan dengan mata ujian saat itu. Saat ujian dimulai, barangkali mungkin ada soal yang berkaitan dengan yang dicatat tadi. Dengan situasi yang seperti ini, tidak akan tercipta generasi yang jujur.

Mengetes pena

Ketika belajar, terkadang pena kita rusak atau macet. Setelah diperbaiki dengan berbagai cara, seperti mengguncangkan penanya atau memukul-mukulkannya ke meja, kemudian kita akan mengetes pena tersebut dengan menuliskannya pada meja, untuk membuktikan apakah pena kita tersebut tidak rusak atau macet lagi.

Sebagai pengganti kertas buram

Mata pelajaran matematika dan fisika menggunakan rumus untuk mencari jawabannya. Untuk mencari jawaban tersebut, diperlukan buram. Jika buram tidak ada, tentu saja kita akan mencari jawabannya di meja dan menjadikan meja sebagai buram, karena meja merupakan sarana yang terdekat. Maka dari itu sediakanlah sebuah buku buram.


Baca juga Homeschooling makin jadi pilihan


Sumber: Josua M


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

 

No comments:

Post a Comment