Friday 7 April 2017

Simak 6 Tips Tingkatkan Rasa Percaya Diri Si Kecil



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF

Simak 6 Tips Tingkatkan Rasa Percaya Diri Si Kecil



Memiliki seorang anak yang memiliki rasa percaya diri merupakan dambaan setiap orangtua. Mau bagaimanapun, anak yang memiliki rasa percaya diri akan tumbuh sebagai pribadi yang lebih terbuka serta mampu bersosialisasi dengan baik.

Akan tetapi, terkadang untuk menumbuhkan rasa percaya diri si kecil bukan tindakan yang mudah. Terlebih bagi anak yang memiliki waktu yang sedikit dengan orangtua.

Lalu, apa yang bisa orangtua lakukan untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri si kecil? Simak tips berikut ini:

Memotivasi anak

Sebagai orang tua, Anda harus memberikan motivasi pada anak untuk mempelajari hal baru yang sifatnya baik. Misalnya, mengajak anak untuk bergabung dalam kegiatan-kegiatan anak-anak yang dapat membentuk kepribadian positif seperti les berenang, les musik dll. Dengan begitu, si anak akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi nantinya.

Jangan membanding-bandingkan anak

Membandingkan anak dengan anak lainnya hanya akan menimbulkan perasaan terluka pada anak. Si anak akan menjadi kurang percaya diri dan merasa tidak nyaman. Jadi Anda sebagai orang tua, jangan pernah membandingkannya dengan anak-anak yang lain.

Libatkan anak dalam kegiatan positif

Melibatkan anak untuk melakukan aktifitas dalam rumah tangga dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Untuk itu, Anda sebagai orang tua bisa mengajak anak saat membersihkan rumah, berkebun, memasak, mencuci mobil dan lain sebagainya.

Arahkan untuk bersosialisasi

Sebagai orang tua, Anda harus bisa mengarahkan anak ke perbuatan yang baik-baik. Arahkan anak untuk bermain dan berkenalan dengan anak lainnya di lingkungan sekolah maupun rumah. Bersosialisasi dengan teman-temannya bisa membuatnya bertumbuh menjadi seseorang yang memiliki rasa percaya diri.

Berikan pujian pada anak

Pujian merupakan sebuah penghargaan dan berdampak positif pada anak. Jika Anda memberikan pujian saat si anak memperoleh keberhasilan maka di dalam diri anak akan tumbuh rasa aman. Selain itu, si anak juga akan merasa dicintai oleh orang tuanya. Dengan begitu, anak akan berusaha untuk menjadi seseorang yang membanggakan orangtuanya.

Membiasakan anak mandiri

Sejak kecil, Anda harus membiasakan anak untuk dapat mandiri. Misalnya, membiarkan si anak untuk membawa tas sekolahnya sendiri atau membereskan kamarnya sendiri. Hal tersebut bisa membantu anak Anda untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Selain itu, anak Anda juga akan merasa bahwa dirinya mampu untuk mandiri.



Baca juga Bagaimana Menumbuhkan Semangat Belajar pada Anak?

Sumber : Faqih F


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

 

No comments:

Post a Comment