Wednesday 29 March 2017

3 Kiat Ajarkan Anak Sikap Dermawan



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF
3 Kiat Ajarkan Anak Sikap Dermawan


Salah satu hal penting yang perlu ditanamkan oleh anak sejak dini ialah sikap dermawan. Hal ini merupakan salah satu cara kita sebagai orang tua mendidik dan memberitahu kepada anak bahwa di luar sana masih banyak orang yang kurang beruntung dan tidak bernasib sama.

Pada momen ini, Anda harus pandai menjelaskan kepada anak arti berbagi dan memberi kebahagiaan kepada orang lain. Tak hanya itu, mengajarkan anak dalam memberi sejak dini juga bisa dilakukan sebagai langkah menata prinsip dasar keuangan si kecil. Dengan begitu, si anak akan tumbuh sebagai orang yang pandai bersyukur dan dermawan.

Untuk menumbuhkan sikap tersebut, apa saja sih langkah yang sebaiknya kita lakukan sebagai orangtua? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Orang Tua Sebagai Contoh

Model terbaik bagi anak ialah orangtua. Anak juga dikenal sebagai peniru terbaik. Jadi, untuk menumbuhkan sikap dermawan si kecil, Anda sebagai orangtua harus memberi contoh terlebih dahulu. Ajak ia untuk mendonasi uang atau barang yang dimilikinya kepada yang membutuhkan.

Ajak Anak ke Bazar Amal

Tak perlu ke acara amal yang besar, cukup ajak anak untuk ikut ke acara bazar amal kecil-kecilan seperti menyumbang pakaian bekas untuk korban bencana alam. Jangan lupa, bicarakan pada anak apa tujuan dari penggalangan amal yang dilakukan, berapa besar bantuan yang bisa diberikan, dan mengapa kita perlu membantu orang lain. Kenalkan pula bahwasanya memberi itu bukan menyoal pamrih atau minta balasan, melainkan karena ikhlas membantu sesama.

Memberi juga Menghasilkan Kebahagiaan

Seperti yang dikatakan di awal, pada dasarnya, hal yang terpenting untuk diketahui anak ialah mengenai konsep kedermawanan yakni dengan memberi, rupanya mampu membawa keuntungan bagi anak.

Jelaskan bahwa si anak akan merasa bahagia jika bisa memberi pada orang lain. Tak hanya itu, jelaskan pula jika sebenarnya kebahagiaan datangnya bukan dari berapa jumlah uang maupun barang yang dimiliki. Melainkan dari rasa syukur atas apa yang dimiliki saat ini.


Baca juga Peserta Didik Homeschooling bisa kuliah di PTN/PTS

Oleh: Faqih F

Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 
 

No comments:

Post a Comment