Tuesday 21 March 2017

Tips Memotivasi Anak untuk Menabung


HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF
Tips Memotivasi Anak untuk Menabung
 


Bagi orangtua yang memiliki anak-anak, pengenalan terhadap menabung sudah seharusnya dilaksanakan sejak awal dan dimulai dari lingkungan rumah. Ketika anak-anak dilingkupi banyak hal yang baik, maka si anak akan tumbuh menjadi individu positif dan memiliki persepsi yang positif akan berbagai kesempatan yang akan ditemui di masyarakat.

Belajar menabung sejak dini sangat bermanfaat bagi anak-anak. Hal ini akan membantu anak lebih bijak dan memiliki perencanaan dalam mengelola keuangan pribadi. Orang tua dapat membantu memberikan motivasi kepada anak untuk menabung. Bagaimana cara memotivasi anak untuk menabung? Berikut beberapa tips sederhana mendorong anak untuk menabung.

1.Jelaskan Manfaat Menabung
Berikan penjelasan mengenai manfaat menabung. Anak biasanya akan mudah diminta melakukan sesuatu jika ia mengetahui manfaatnya. Penjelasan ini akan membantu anak memahami mengapa setiap orang disarankan untuk menabung.

2.Sarankan Anak Menabung dari Uang Saku
Dorong anak untuk menyisihkan sebagian dari uang saku harian untuk ditabung. Hal ini akan memberikan rasa berkorban pada anak sehingga meningkatkan rasa memiliki akan tabungannya.

3.Bantu Anak Merencanakan Tabungan
Ajak anak merencanakan penggunaan tabungan. Hal ini akan menambah semangat anak untuk segera mewujudkan rencana tersebut misalnya untuk membeli mainan, alat sekolah, alat musik, dsb.

4.Berikan Celengan yang Disukai Anak
Menabung dalam celengan adalah cara yang paling sederhana untuk mengenalkan tabungan pada anak. Ajak anak memilih sendiri celengan yang disukainya supaya tabungan menjadi properti kebanggaan anak.

5.Ajarkan Anak untuk Menghargai Uang
Jelaskan kepada anak bahwa untuk mendapatkan uang seseorang harus bekerja keras dengan mengorbankan tenaga, waktu, dan pikiran. Salah satu cara mengumpulkan uang dalam jumlah banyak adalah dengan menabung.

6.Ajarkan Anak Berhemat
Salah satu cara untuk meningkatkan tabungan adalah dengan berhemat. Ajari anak untuk berhemat. Uang yang tersedia tidak harus dihabiskan. Semakin banyak yang bisa dihemat maka semakin banyak yang bisa ditabung.

7.Jadikan Menabung sebagai Aktivitas yang Membanggakan bagi Anak
Berikan penghargaan dan pujian atas usaha anak menabung misalkan dengan menjanjikan celengan yang lebih besar dan lebih bagus, atau membuka rekening tabungan anak di bank. Menanyakan tentang tabungan atau membahas mengenai tabungan anak dapat menambah kebanggaan anak untuk menabung.


Baca juga Peserta Didik Homeschooling bisa kuliah di PTN/PTS

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan minat si buah hati agar gemar menabung. Apabila si buah hati sudah terbiasa untuk menabung, maka di kemudian hari ia akan terhindar dari sifat boros. Terlepas dari semua itu, yang tidak kalah penting saat melatih kebiasaan menabung pada anak adalah dengan memberikan teladan. Orang tua tidak boleh hanya bisa mengajarkan tetapi juga mesti melakukan.

Oleh: Josua M


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

 

No comments:

Post a Comment