Friday 17 March 2017

Ini 3 Langkah Sederhana Merubah Kelas Nakal Menjadi Lebih Baik



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF

Ini 3 Langkah Sederhana Merubah Kelas Nakal Menjadi Lebih Baik



Jika kelas yang sedang Anda ajar merupakan kelas yang terkenal nakal, maka tenanglah ada beberapa tips sederhana untuk mengubah kelas yang terkenal nakal akan menjadi kelas yang baik. Mengatasi anak yang nakal dengan anak yang baik tentu berbeda, tetapi bagi seorang guru yang dituntut untuk mengajar di kelas nakal akan menjadi tantangan tersendiri. Dibutuhkanpemikiran positif, kreatif dan luas dalam mengatasi permasalahan ini.

1. Struktur Mengajar di Kelas

Ketika Anda dihadapkan untuk mengajar di kelas anak-anak nakal, yang perlu dipersiapkan adalah struktur serta sistem yang akan Anda terapkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya struktur ini maka Anda bisa mengatur mau seperti apa jenis pembelajarannya. Apabila ada siswa yang keluar dari jalur sistem pembelajaran yang sudah direncanakan maka Anda sebagai guru bisa langsung mengarahkannya kembali. Agar struktur serta sistem yang hendak diterapkan di kelas berjalan sesuai rencana, maka hendaknya setiap guru memberikan panduan terlebih dahulu di awal pelajaran. Hal tersebut dilakukan agar setiap siswa mengetahui apa yang akan dilakukan pada saat pelajaran. Namun perlu diingat, dalam menerapkan sistem pembelajaran ini di dalam kelas, guru diharuskan selalu konsisten. Ketidakkonsitenan dalam menerapkan apa yang hendak di terapkan akan menyebabkan siswa kehilangan motivasi dalam belajarnya.

2. Menejemen Waktu

Ketika menghadapi kelas nakal, sangat penting bagi Anda sebagai guru untuk mengatur jenis serta jadwal kegiatan apa yang akan dilakukan untuk setiap pertemuannya. Dengan pengelolaan serta memanfaatkan waktu yang sudah ditetapkan ketika mengajar di kelas, maka kegiatan siswa akan terorganisir.

3. Educational Play

Para siswa akan dengan senang jika sistem pembelajaran yang diterapkan oleh gurunya memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk bergerak bebas. Bahkan itu bisa menjadi favorit buat siswa jika dibandingkan harus duduk dan menulis materi dalam waktu yang lama. Ingat! siswa tidak butuh yang namanya jumlah menulis, tetapi yang mereka butuhkan adalah bagaimana konsep serta ilmu yang diperolehnya dari pelajaran.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadikan kelas nakal menjadi kelas yang baik dan berkualitas, cobalah terapkan sistem pembelajaran yang memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengeksplor 
dirinya sendiri.

Baca juga Peserta Didik Homeschooling bisa kuliah di PTN/PTS

Oleh: Josua M


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

No comments:

Post a Comment