Thursday 27 July 2017

Pentingnya Mengenal Dunia Belajar Anak



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF

Pentingnya Mengenal Dunia Belajar Anak
Sumber Gambar :  Kesekolah


Masa anak-anak merupakan masa yang sangat penting bagi manusia, masa yang harus dilalui dalam proses hidup manusia di dunia ini, tidak ada manusia yang terlahir langsung mejadi dewasa namun yakin dan pasti bahwa semua manusia melewati masa anak-anak. Dunia belajar anak tentunya memiliki dimensi tersendiri yang terpisah dari dunia belajar orang dewasa. Anak memiliki dunianya sendiri, ini artinya orang tua harus memahami apa yang menjadi kebutuhan anak dalambelajar. Belajar tidak hanya di tempat formal anak-anak bisa mendapatkan dunia belajar mereka di rumah bersama orang tuanya.

Dalam hal mendidik, orang tua memiliki peran utama sebagi pilar penentu agar anak menjadi lebih terdidik karakternya. Memiliki anak dengan karakter yang baik tentu akan membuat bangga orang tua, karena orang tua selalu berharap untuk memiliki anak yang sesuai dengan keinginannya. Seperti kita tahu saat ini banyak sekali anak yang tidak mendapatkan perhatian lebih dari orang tua mereka justru terjerumus ke dalam lembah pergaulan yang tidak semestinya, hal ini tentu sangat merugikan dan tidak di inginkan.

Sebagai orang tua jangan pernah melepaskan peran utama untuk melakukan pengawasan yang ketat ketika anak mulai tumbuh ke usia yang lebih dewasa. Pada masa pubertas banyak tingkah laku anak yang terkadang sangat sulit untuk di pahami. Inilah yang bisa di katakan bahwa pentingnya orang tua untuk mendalami karakter dunia belajar anak agar bisa mengenallebih dalam seperti apa anak tersebut.

Meskipun anak di lahirkan oleh orang tuanya bisa saja antara mereka terjadi hubungan yang terpisahkan oleh jarak komunikasi atau kebersamaan, inilah yang mnyebabkan tidak adanya komunikasi yang baik antara anak dan orang tua. Jika hal ini terjadi tentu sangat berbahaya bagi tumbuh kembang si anak.



Baca juga Homeschooling makin jadi pilihan

Mendidik anak memang bisa menemukan banyak sekali kendala, karena anak selalu memiliki keinginan yang lebih, terkadang perdebatan antara orang tua dan anak sering terjadi akibat salah satu keinginan anak tidak direstui. Kejadian semacam ini artinya terjadi semacam kesalahan dalam mendidik anak, karena seharusnya anak memang menuruti segala kemauan orang tua dan tentunya semua keinginan bisa di bicarakan dengan baik tanpa perdebatan.

Hal yang harus di perhatihkan juga dalam mendidik anak adalah pentingnya kita mengenal dan memahami dunia anak kita dengan baik. Dengan demikian kita tahu apa yang di butuhkan atau apa yang harus kita lakukan untuk anak kita supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Sangat bijaksana sekali jika kita memperhatihkan dan memenuhi apa yang menjadi hak-hak dan kebutuhan anak kita.

Sumber : Josua M



Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

No comments:

Post a Comment