Monday 31 July 2017

Tips Meningkatkan Kemampuan Anak dengan Mainan



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF

Tips Meningkatkan Kemampuan 
Anak dengan Mainan
Sumber Gambar : Kesekolah

Homeschooling Pena Surabaya, 31 Agustus 2017

Seorang anak berkembang pada puncaknya selama enam tahun pertama dalam hidupnya. Jumlah perkembangan yang berlangsung sangat berdampak pada masa depan hidupnya. Psikolog mengatakan bahwa mainan memainkan peran penting dalam membantu anak untuk mempelajari hal-hal yang baru. Meningkatkan kemampuan anak dengan mainan dapat dilakukan dengan memilih jenis mainan yang tepat untuk anak.

Berikut beberapa mainan yang membantu anak dalam pertumbuhannya:
1. Mainan Boneka

Anak-anak memiliki kecenderungan untuk menghidupkan sebuah benda mati. Mainan, seperti boneka dalam berbagai bentuk karakter, baik hewan atau tokoh kartun dapat menstimulasi si anak untuk mulai berbicara dan berkomunikasi. Ini merupakan cara cerdas untuk menyiapkan mereka berinteraksi dengan manusia pada akhirnya.

2. Bola
Hindari bola plastik dan plilhlah bola yang lembut demi keamanan anak Anda. Bermain bola dapat meningkatkan keterampilan motorik. Anda pun bisa ikut bermain dengannya di mana Anda melempar bola dan anak Anda harus menangkapnya, lanjutkan terus hingga mencapai bagian tersulit.

3. Membangun Blok
Anda ingin anak Anda menjadi arsitek? Memang terlalu dini memutuskan, namun Anda bisa memberi mainan berupa bangunan blok-blok yang dapat meningkatkan keterampilan motorik. Dimulai dengan membangun blok besar dan seiring anak tumbuh, bisa dilanjutkan ke bagian yang lebih sulit. Membangun blok-blok menjadi bentuk bangunan tertentu juga meningkatkan keterampilan kognitif anak.

4. Mainan animasi
Beberapa mainan yang mengeluarkan suara tertentu juga baik bagi perkembangan anak Anda. Anak-anak terkadang memang suka membuat kebisingan namun hal itu dapat mengembangkan keterampilan sensorik. Berikan mereka mainan animasi, seperti robot, mobil-mobilan, boneka kartun dengan suara tertentu yang dapat mengembangkan kemampuan mereka.

5. Buku
Jangan salah sangka, buku bisa menjadi sebuah mainan juga. Bacakan mereka sebuah cerita ketika baru lahir. Mereka memiliki memori kuat dan bertahan hingga mereka muda. Bacakan cerita semampu Anda, ketika mereka mulai tumbuh tanyakan pada mereka beberapa hal tentang cerita tersebut untuk melatih memori dan pemahaman mereka.

Baca juga Bagaimana Menumbuhkan Semangat Belajar pada Anak?

Seiring perkembangan zaman, banyak anak-anak masa sekarang terjebak pada hal-hal instan, seperti bermain gadget. Padahal, beberapa permainan anak-anak di masa lalu, seperti congklak, petak umpet, dan berbagai permainan anak yang mengandalkan fisik bisa melatih keterampilan berpikir dan kreativitas mereka. Berupayalah untuk mengarahkan anak pada permainan yang menyehatkan dan mendidik. Selamat bermain bersama anak!

Sumber: Josua M

Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

No comments:

Post a Comment