Tuesday 1 August 2017

Kiat Sukses Mengajak Anak Agar Mau Belajar



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Kiat Sukses Mengajak Anak Agar Mau Belajar
Sumber Gambar :  Kesekolah

Homeschooling Pena Surabaya, 01 Agustus 2017

Memang bagi sebagian anak, belajar merupakan sebuah beban yang mereka harus kerjakan, bahkan belajar bisa jadi merupakan hal yang paling menakutkan bagi sebagian anak. Apalagi anak terkadang selalu membuat kesal orang tua, yang kadang begitu malas kalau disuruh belajar. Menyuruh dan mengingatkan anak untuk belajar bukanlah perkara yang gampang. Meskipun ada beberapa anak yang memang hobi belajar namun pada umumnya anak akan merasa malas dan menganggap bahwa bermain jauh lebih menarik dari pada belajar. Sebagai orang tua, kita juga harus pintar-pintar mengakali dan menyiasati kemalasan anak untuk belajar dengan menciptakan metode dan kreatifitas baru agar anak tertarik untuk belajar, karena proses belajar tidak akan pernah berhenti hingga anak mencapai tingkat pendidikan yang diinginkan.

Berikut cara yang bisa Anda terapkan agar anak mau untuk belajar:
1. Berikan kata-kata motivasi pada anak agar anak mau belajar. Seperti kepada anak TK dan yang masih kelas satu SD, Anda bisa memotivasi dengan mengatakan bahwa guru akan lebih sayang kepada anak yang mau dan rajin belajar.

2. Jangan membiasakan untuk memarahi anak. Anak yang dimarahi dan dipaksa tetap akan mengikuti keinginan kita untuk belajar, namun mereka akan melakukannya dengan asal-asalan, asal orangtuanya tidak marah lagi.

3. Jangan hanya menyuruh anak belajar dan belajar, sekali-sekali anak butuh refreshing, piknik dan jalan-jalan untuk menyegarkan pikiran. Dengan itu anak akan kembali merasa segar dan semangat lagi untuk belajar keesokan harinya.

4. Jika belajar di rumah terkesan membosankan bagi anak, Anda sebagai orang tua harus menciptakan atmosfir belajar baru. Mungkin dengan Anda menemani dan membantu proses belajar mereka, hal ini akan memberikan output yang jauh berbeda.

5. Biasakan menetapkan jam belajar anak, sehingga anak merasa mulai punya tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban untuk belajar. Jika perlu, berikan reward atau penghargaan jika si anak sudah melakukannya dengan tepat waktu misalnya dengan memberikan hadiah makanan kesukaannya.

Baca juga  Bagaimana Menumbuhkan Semangat Belajar pada Anak?

Jika hal di atas sudah di jalani dengan baik, maka anak perlahan akan tumbuh kesadaran dirinya untuk belajar demi masa depan dan nilai yang baik, tidak perlu mengancam. Akan lebih baik memotivasi daripada mengancam, karena dengan mengancam nilai anak akan jelek dan akan memberi kesan belajar adalah hal yang mengerikan.

Selamat mencoba.

Oleh: Josua M


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 


No comments:

Post a Comment