Tuesday 22 August 2017

Cara Cerdas Mengajarkan Rasa Hormat pada Anak


HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF

Cara Cerdas Mengajarkan Rasa Hormat pada Anak

HomeschoolingPena Surabaya, 23 Agutus 2017

Sumber Gambar : Kesekolah

Semua orang tua pasti senang dan bangga rasanya jika melihat anaknya bersikap sopan dan hormat kepada orang-orang yang ada di sekitarnya. Betapa tidak, meskipun usianya masih begitu belia, namun anak sudah mampu menunjukan penghargaannya terhadap orang lain. Apalagi, anak bukan hanya menunjukan sikap ini pada orang yang lebih tua saja, namun juga pada semua teman-teman sebaya dan dibawahnya. Saling menghormati merupakan sikap terpuji dan merupakan salah satu kunci hidup harmonis antara sesama manusia. Untuk itulah, menanamkan rasa hormat kepada diri anak merupakan bagian yang harus dilakukan dalam proses mendidik anak.

Nah, berikut hal yang bisa Anda terapkan pada anak dalam rangka mengajarkan rasa hormat:
1. Awasi perilaku anak

Ketika melihat bahwa apa yang Anda ajarkan pada anak sudah mulai bisa diterapkan dan terlihat seperti hal ini telah berhasil Anda terapkan padanya. Sebaiknya, tidak tergesa untuk mengasumsikan hal tersebut berhasil dan melepaskan mereka dengan begitu saja. Anda juga perlu mengamati semua perilaku anak. Apakah sikapnya sudah sesuai dengan yang Anda ajarkan atau belum.

2. Ajarkan berperilaku sopan dan santun
Dengan pelajaran sopan santun, anak-anak akan mampu memahami bagaimana bertindak sesuai dengan norma yang berlaku. Dengan begini perilaku hormat dan menghormati orang lain akan dengan sendirinya terbentuk dalam diri anak kerena mereka mengetahui batasan dan tata krama ketika berada bersama dengan orang lain. Anak-anak yang tahu sopan santun tidak akan sulit sewaktu dihadapkan dengan lingkungan yang baru.

3. Jadilah teladan yang baik
Mengajarkan sesuatu pada anak tidak cukup hanya dengan teori saja, tetapi diperlukan praktik nyata yang bisa dilihat anak langsung. Ketika Anda mulai mengajarkan rasa hormat pada anak, maka perlu Anda pahami juga bahwa sejak anak-anak mulai dapat memahami apa yang mereka dengar dan mereka lihat. Untuk itulah, Anda sebaiknya mampu mengupayakan segala hal untuk bisa menjadi teladan yang baik untuk anak. Baik dari segi perilaku maupun tata bicara orang tua ketika berkomunikasi bersama dengan orang lain.

4. Berikan dukungan pada anak
Ketika Anda mengajarkan anak untuk menghormati orang yang lain, maka Anda pun harus mampu memberikan sikap hormat pada anak serta memberikan dukungan dan dorongan pada anak untuk belajar menunjukan rasa hormatnya kepada orang lain. Dengan begitu, ketika Anda memberikan dorongan pada anak untuk menghormati yang lain maka akan berpengaruh pada anak yang mampu meningkatkan rasa percaya dirinya.

Baca juga Bagaimana Menumbuhkan Semangat Belajar pada Anak?

Itulah beberapa cara yang diharapkan orang tua dalam mendidik dan memberikan pelajaran berharga ini pada anak dengan lebih mudah.

Sumber : Josua M

Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena

No comments:

Post a Comment