Sunday 6 August 2017

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Rupanya Dapat Menghambat Kreativitas Anak



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Rupanya Dapat Menghambat Kreativitas Anak

Sumber Gambar : Kesekolah

HomeschoolingPena Surabaya, 07 Agustus 2017

Dalam menciptakan suasana keluarga yang nyaman dan kondusif, tentu berbagai macam hal dilakukan oleh orangtua demi melihat anaknya tumbuh kembang dengan baik.

Namun, ada beberapa hal yang sering luput dari pandangan orangtua terhadap cara pola asuh dan bagaimana memperlakukan si kecil sehingga anak justru terhambat dalam hal mengembangkan kreativitasnya.

Lalu apa saja itu? Berikut ini merupakan hal-hal yang tanpa disadari oleh orangtua yang dapat menghambat kreativitas anak:

Tidak pernah diberikan pujian

Meski hasil kreasi anak kurang sempurna, -ingat, bunda, anak-anak masih dalam tahap belajar sehingga hasilnya tidak seperti yang orang dewasa lakukan- tidak ada salahnya Anda memberikan pujian pada anak. Pujian Anda dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Rasa percaya diri merupakan hal pertama yang harus dimiliki anak untuk bisa berpikir kreatif.

Melarang anak

Percayakah Anda kalau larangan-larangan Anda yang berlebihan bisa mematikan kreativitas anak? Akan lebih diterima oleh anak jika Anda memberikan beberapa saran baik untuk dipilih oleh anak.

Memarahi anak

Anak yang selau dimarahi akan merasa takut untuk melakukan sesuatu. Ia takut salah. Padahal untuk menjadi anak kratif, ia butuh keberanian untuk mengambil risiko.

Tidak menjawab pertanyaan anak atau menutup rasa ingin tahunya

Tentu hal ini akan menghambat eksplorasi anak. Rasa ingin tahu anak sangat tinggi, dan ketika Anda menghambatnya, maka secara tidak langsung Anda sudah menghambat kreativitasnya.

Memaksakan jadwal kegiatan

Contoh yang mudah diambil adalah kegiatan les pada anak. Pasalnya, anak-anak butuh waktu untuk bermain. Sebab lewat sebuah permainan, mereka akan belajar. Kegiatan yang padat bisa-bisa membuat anak stres. Hal ini yang akan akan menghambat kreativitas anak.

Baca juga Penyebab Utama Anak Berperilaku Kasar

 Sumber : Faqih F


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena


No comments:

Post a Comment