Monday 14 August 2017

Si Kecil Bertingkah Cuek? Berikut Cara Mudah Menghadapinya



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF

Si Kecil Bertingkah Cuek? Berikut Cara Mudah Menghadapinya
Sumber Gambar : Kesekolah

HomeschoolingPena Surabaya, 14 Agustus 2017

Pernahkah si kecil tidak memperhatikan apa yang Anda minta? Bersikap cuek seolah-olah tidak mendengar apa yang orang tua katakan? Ia seakan sibuk sendiri dengan dunianya.

Anak-anak berusia dini bukannya tidak mendengar. Mereka mendengar, tetapi tidak langsung bisa memahami dan menyimpan informasi tersebut untuk digunakan kemudian.

Meski seperti itu, bukan berarti Anda dapat melatih agar balita lebih responsif terhadap pesan atau perintah yang Anda sampaikan. Terkadang kita justru teriak atau mengulang perkataan untuk mendapatkan perhatian si kecil. Padahal, hal tersebut haruslah dihindari.

Berikut merupakan cara mudah menghadapi si kecil yang bertingkah cuek:

Stop membandingkan anak

Si kecil juga tidak ingin dibanging-bandingkan dengan orang lain, apalagi dengan yang lebih baik daripada ia. Jadi, jangan pernah membandingkan si kecil dengan teman-temannya. Gunakan pula pesan atau nasihat sederhana yang mudah dipahami oleh anak. Karena sebenarnya anak bukannya tidak mendengar, hanya kurang bisa memahami jika perintah tidak jelas.

Hindari berteriak

Berteriak pada anak justru membuat mereka merasa cemas, lebih agresif, dan cenderung lebih keras kepala. Ada baiknya Anda lebih tenang ketika berbicara dengan anak. Jangan lupa pula untuk jadi lebih ekspresif sehingga anak bisa mengalihkan perhatiannya pada Anda.

Ubah kata 'tidak' dengan 'lebih baik' atau 'ya'

Memang simpel, namun kata ‘tidak’ memiliki makna tersendiri pada anak. Bisa saja mereka tidak mendengarkan Anda karena hal tersebut. Ganti dengan kata ‘lebih baik’ adalah pilihan yang bijak karena si kecil akan mengetahui bahwa Anda sebagai orang tua benar-benar menyayanginya dan mereka pun lantas mau mendengarkan Anda.

Ubah gaya komunikasi pada si kecil

Anak akan lebih mudah mengerti jika kita gunakan istilah yang mudah. Tidak lupa pula gunakan intonasi, nada bicara yang variatif dan menarik sehingga dapat menarik perhatian si kecil. Pastikan pikiran Anda dan si kecil sejalan dan mengerti satu sama lain apa yang sedang dibicarakan.

Baca juga Bagaimana Menumbuhkan Semangat Belajar pada Anak?

Sumber: Faqih F


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena

No comments:

Post a Comment