Wednesday 16 August 2017

Tips Cara Menghilangkan Sikap Malas Siswa



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Tips Cara Menghilangkan Sikap Malas Siswa
Sumber Gambar : Kesekolah

HomeschoolingPena Surabaya, 16 Agustus 2017

Sikap malas memang sering dimiliki oleh hampir setiap siswa, namun tidak semua siswa memiliki sikap ini, beberapa siswa selalu tampil prima dan juga selalu bersemangat untuk menerima materi baru di kelasnya. Namun siswa yang suka bermalas-malasan terkadang membuat kita kesulitan sebagai pengajar, terutama kesulitan dalam memberikan materi baru, sehingga butuh waktu lebih untuk sang pengajar agar si murid malas tersebut bisa memahami materi sebelumnya.

Sikap malas yang ditunjukan oleh siswa boleh jadi karena beberapa faktor, dan faktor yang paling besar adalah situasi dan lingkungan di keluarganya, bisanya rasa malas ini hadir ketika mood atau semangat untuk mengerjakan sesuatu hilang, dan ini lah yang menjadi faktor paling besar yang dialami oleh siswa di sekolah.

Tentu kita sebagai mengajar harus bisa membantu untuk bisa menghilangkan rasa sikap malas yang dimiliki oleh setiap siswa. dan berikut beberapa tips yang mungkin anda bisa gunakan untuk menghilangkan sikap malas dari siswa didikan anda.

1. Cari Tahu Faktor Yang Membuatnya Malas Belajar

Carilah faktor yang membuat sang siswa malas untuk mendengarkan anda ketika menyampaikan materi, juga ketika si siswa malas untuk mengerjakan tugas rumahnya. setelah anda menemukan faktor yang mengganggunya dalam belajar, segeralah cari solusi untuk membantu siswa dalam menyelesaikannya. dan jadilah seorang pengajar yang bisa menjadi sahabat juga bagi siswa.

2. Gunakan Bahasa Yang Memotivasi

Anda bisa menggunakan bahasa yang bisa memotivasi si siswa dalam kegiatan belajar dan mengajar, sehingga siswa bisa kembali memiliki semangat untuk menerima materi yang anda sampaikan dan juga bersemangat untuk mengerjakan tigas-tugas rumah yang anda berikan, dan hal tersebut akan meningkatkan prestasinya kedepan nanti.

3. Tunjukan Bahwa Anda Adalah Pengajarkan Yang Bisa Di Andalkan

Buat si siswa senyaman mungkin ketika anda memberikan materi untuknya, kombinasikan dengan cerita atau kisah lucu, agar mereka kembali bersemangat.

4. Hilangkan Sikap "Galak" sebagai seorang pengajar

Kita tidak akan bisa mengubah sikap malas tersebut dengan sikap galak, hal tersebut akan semakin memperparah dari sikap malas si murid, kekerasan bukanlah penyelesaian masalah dalam mengatasi masalah sikap buruk tersebut.

5. Berikan Materi Secara Bertahan Dan Ulangi

Menjadi seorang pengajar tentu harus memiliki kesabaran yang sangat tinggi ketika menghadapi murid "pemalas" kita harus mengulang sebisa mungkin hingga si siswa memahami betul materi yang anda sampaikan sebelum memberikan materi baru kepadanya

Baca juga Bagaimana Menumbuhkan Semangat Belajar pada Anak?

Demikian beberapa tips yang mungkin bisa anda gunakan dalam menghadapi mulis yang memiliki sifat malas di kelas anda. Kesabaran adalah hal yang utama dalam menyelesaikan masalah yang dialami oleh siswa ini.

Sumber : Josua M


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena

No comments:

Post a Comment