Thursday 3 August 2017

Bagaimana Mengajarkan Anak Agar Patuh?



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF
Bagaimana Mengajarkan Anak Agar Patuh?

Sumber Gambar : Kesekolah

HomeschoolingPena Surabaya, 03 Agustus 2017

Anak yang patuh bukanlah dibentuk dengan cara kekerasan atau hukuman. Kepatuhan pada anak justru bisa dimunculkan dari kesadaran dalam diri anak tersebut. Orangtua sebaiknya mendidik kepatuhan anak dengan cara yang membuatnya menyadari bahwa kepatuhan adalah nilai positif. Ketika Anda mencoba untuk mengajarkan sesuatu, Anda mungkin menghadapi tantangan tertentu. Anak-anak mungkin cepat merasa bosan atau malah membuat ulah. Anak-anak suka memberontak karena mereka secara alami ingin melakukan hal-hal dengan cara mereka.

Meskipun terlihat lucu diusianya, penting untuk mengubah dan menyesuaikan diri dengan aturan sekolah dan masyarakat terutama saat anak mulai tubuh dewasa. Itulah mengapa penting untuk mengajarkan ketaatan kepada anak-anak. Terlepas dari bagaimana anak Anda bereaksi terhadap pelatihan Anda, lebih baik Anda terus maju dan konsisten dalam upaya Anda. Ajarkan anak dengan lembut dan ramah, namun tetap berwibaya. Nah, bagaimana mengajarkan anak agar patuh?

Tegas tapi tenang

Ketika Anda menetapkan aturan-aturan tertentu untuk diikuti oleh anak Anda, Anda harus terlebih dahulu menjadi lembut tapi tegas. Menjadi keras tidak akan membuat dampak yang diperlukan pada anak Anda dan itu justru akan memberikan efek kontra produktif karena anak Anda cenderung keras kepala jika dia tidak nyaman dengan suatu aturan.

Tetap konsisten

Cara mengajarkan ketaatan kepada anak-anak? Lebih baik untuk menjaga konsistensi dalam seperangkat aturan yang Anda bingkai untuk anak-anak Anda. Jika Anda terus bersikap fleksibel atau jika Anda mengendurkan aturan, anak-anak mungkin berpikir bahwa ketaatan adalah adalah sifat yang dapat ditampilkan sesuai dengan kenyamanan.

Tunjukkan rasa hormat

Menghormati orang lain adalh kualitas penting. Karena anak-anak memiliki kecenderungan menyerap atau mempelajari kualitas tertentu dari lingkungan terdekat mereka, pastikan bahwa Anda pertama kali mempraktekkan apa yang Anda ajarkan pada mereka. Ketika Anda mengejarkan ketaatan kepada anak-anak, tunjukkan bahwa Anda tampil sebagai orang yang taat kepada sistem. Itu akan membantu anak untuk belajar sesuatu dari Anda.

Berikan hadiah

Ketika anak Anda mengesankan Anda dengan sikapnya yang taat dan patuh, berikan hadiah kecil yang dapat memotivasi anak Anda. Ketika anak Anda mematuhi aturan, dianjurkan untuk membalasnya dengan sesuatu yang ringan seperti membawanya ke bioskop atau memberinya waktu bermain ekstra dengan teman-teman. Tapi pastikan Anda tidak menjadikannya sebagai suatu kebiasaan.

Baca juga Bagaimana Menumbuhkan Semangat Belajar pada Anak?

Sementara mengajarkan ketaatan pada anak merupakan bukti cinta dan kepedulian. Jika anak tidak mematuhi aturan, berikan dia kesempatan kedua. Memberikan anak kesempatan lain akan memotivasinya untuk melakukan hal yang benar diwaktu berikutnya.

Sumber : Josua M


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter


No comments:

Post a Comment