Thursday 24 August 2017

Lakukan Latihan Ini Agar Anak Semakin Terampil Menulis



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Lakukan Latihan Ini Agar Anak Semakin Terampil Menulis

Sumber Gambar : Kesekolah

HomeschoolingPena Surabaya, 25 Agustus 2017

Keterampilan yang tak boleh dilewatkan oleh anak-anak yaitu salah satunya adalah keterampilan menulis. Meski bukan hal yang mudah bagi si kecil, namun kemampuan menulis dinilai sangat menunjang kegiatan belajar balita di sekolah.

Anak yang bisa menulis dengan baik memiliki kelebihan dalam mengekspresikan pendapatnya di atas kertas.

Nah, kemampuan menulis ini rupanya memang sangat dibutuhkan dan sudah harus diasah sejak dini. Karena jika sudah dikenalkan sejak dini menulis, kelak ketika anak dituntut untuk bisa menulis sewaktu di sekolah, anak tidak akan merasa frustrasi, dan malas dalam belajar.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengajarkan anak dalam hal kemampuan pratulis dari sekarang. Berikut merupakan beberapa latihan menulis agar anak semakin terampil menulis.

Memegang Alat Tulis

Pertama-tama, kenalkan terlebih dahulu instrumen dalam menulis. Yaitu alat tulis. Latih anak terlebih dahulu untuk bisa memegang alat tulis dengan baik. Sebagai awal, Anda bisa memberikan alat tulis yang berdiameter cukup besar, seperti krayon, dan bantu ia menggenggam dengan baik. Jika anak sudah cukup menguasai, Anda bisa mengganti dengan pensil.

Menggambar

Tahap selanjutnya jika si kecil sudah mahir menggenggam alat tulis dengan baik, maka Anda bisa sediakan kertas kosong dan arahkan tangan si kecil untuk membuat coretan atau gambar asal.

Di usia balita, menggambar tidaklah menampilkan bentuk yang representatif. Gambarnya sering kali berupa goresan garis tunggal, lingkaran, ataupun benang kusut. Berikan kebebasan anak menggambar apa pun sesuai dengan imajinasinya.

Mewarnai

Kemampuan pratulis lainnya yang harus diajarkan ialah mewarnai. Tak hanya bagus untuk kemampuan menulisnya kelak, mewarnai juga bisa menjadi wadah kreativitas si kecil.

Siapkan beberapa gambar yang siap diwarnai beserta alat-alat mewarnai lainnya seperti krayon atau pensil warna. Dampingi saat anak memilih objek gambar, dan tawarkan juga berbagai pilihan warna krayon. Biarkan ia berekplorasi dengan segala warna pilihannya.

Meniru Bentuk

Setelah bisa mewarnai dan menggambar sembarang, coba ajarkan ia untuk masuk ke tahap selanjutnya yaitu meniru berbagai macam bentuk seperti lingkaran, garis vertikal, horizontal, dan cara pembuatannya.

Minta ia membuat kembali bentuk-bentuk tersebut di kertas kosong. Temani dan bimbinglah anak. Jika ia membuat kesalahan, biarkan saja, karena itu termasuk bagian dari kreativitasnya. Setelah ia selesai, baru Anda memberikan contoh bentuk yang benar.

Dot-to-dot

Nah, dalam melatih kemampuan pratulis si kecil, teknik ini sangat cocok untuk melatih konsentrasi dan kesabaran menulis. Dot-to-dot atau menyambung titik adalah salah satu kegiatan yang perlu dilatih sejak dini.

Baca juga Homeschooling makin jadi pilihan

Caranya mudah. Gambar dua titik pendek-pendek, dan minta anak menyambungkannya. Tambahkan jumlah titik dan bentuk gambar sesuai perkembangan kemampuan anak. Untuk pilihan yang lebih beragam, Anda bisa membeli buku khusus menyambung titik-titik di toko buku. Dengan begitu, anak akan semakin bersemangat melatih keterampilan pratulisnya.

Sumber : Faqih F


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena

No comments:

Post a Comment