Friday 25 August 2017

Hadapi Murid yang Kasar Bukan dengan Kekerasan



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Hadapi Murid yang Kasar Bukan dengan Kekerasan
Sumber Gambar : Kesekolah

HomeschoolingPena Surabaya, 26 Agustus 2017

Kita sebagai pengajar mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai perangai yang ditunjukkan oleh peserta didik kita di kelas, apalagi bagi Anda yang harus mendidik siswa SD dan juga SMP, kesabaran Anda haruslah terlatih, karena jika tidak Anda akan gagal menjadi seorang pengajar bagi murid-murid Anda.

Hal yang harus menjadi bahan perhatian utama Anda adalah, siswa yang suka bertindak kasar terhadap teman-temannya di kelas, siswa ini kadang bertindak di luar peraturan yang ditetapkan oleh sekolah, mulai dari berbicara kasar bahkan bertindak melakukan kekerasan terhadap teman-temannya di kelas. Ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan untuk bisa menangani siswa yang seperti ini, juga dibutuhkan kesabaran untuk bisa mendapatkan data yang memudahkan Anda merubah sikap kasar si murid tersebut.

Biasanya murid berprilaku kasar karena faktor lingkungan rumahnya, didikan keluarga dan tidak adanya pantauan saat dia menonton acara televisi. sehingga membentuk sosok yang mengutamakan sikap kasar untuk bisa menunjukkan dirinya kepada rekan-rekannya. Untuk mengatasi hal ini, jangan menggunakan tindakan kasar untuk mendidiknya. Karena bila Anda menggunakan sikap kasar, maka keadaan akan semakin rusak, si anak tersebut akan berontak dan akan terus berusaha untuk membuktikan didirnya menggunakan cara kasarnya tersebut.

Baca juga Penyebab Utama Anak Berperilaku Kasar

Namun, berikan pemahaman yang membuatnya membuka hati dan pikiran, sehingga bisa dengan mudah merubah sikap kasarnya tersebut. Jadilah sosok yang anak didik Anda kagumi, sehingga dengan sangat mudah mereka kan menjadikan Anda sebagai sosok yang bisa mereka contoh dalam kehidupannya bersosialisasi di sekolah. Jangan tunjukkan sikap benci dan juga marah terhadapnya, jadilah tegas dengan wibawa yang Anda miliki, juga sesekali bercanda gurau dengan si murid.

Sumber : Josua M


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena

No comments:

Post a Comment