Wednesday 9 August 2017

Tips Atasi Si Kecil yang Suka Menunda



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Tips Atasi Si Kecil yang Suka Menunda
Sumber Gambar : Kesekolah

HomeschoolingPena Surabaya, 10 Agustus 2017

Memasuki usia 3-4 tahun, biasanya si kecil sudah mulai mengembangkan beberapa sikap. Mereka mulai berperilaku sulit diatur, egois, serta mudah marah. Hal tersebut dikemukaan langsung oleh pakar teori perkembangan psikososial E. H. Erikson, psikolog dari Harvard University, AS.

Seiring berjalannya waktu, kemandirian yang ia ciptakan juga bisa menimbulkan si anak untuk mengemukakan beragam alasan untuk menunda bahkan menolak tugas yang harus dilakukan.

Tak perlu khawatir, yang harus Anda lakukan bukan justru semakin memanjakannya, atau memarahinya. Beri mereka pendampingan, tumbuhkan rasa percaya diri hingga mengajari pentingnya disiplin bagi kehidupan si kecil kelak.

Berikut merupakan tips atasi si kecil yang suka menunda tugas yang diberikan:

"Nanti saja mandinya ibu, setelah nonton kartun kesukaan aku"

Kalimat tersebut terkadang sering diucapkan kala ia sedang asyik-asyiknya menonton acara kartun kesukaannya. Selalu ada alasan menolak apa yang Anda minta. Maka dari itu, sikap disiplin perlu sekali diajarkan sejak dini bagi si kecil. Buatlah kesepakatan mengenai jam mandi sore, lamanya menonton, jam bermain, jam gosok gigi, tidur malam dan seterusnya. Terapkan secara konsisten agar menjadi kebiasaan.

Misalkan mereka masih saja menunda, beri toleransi waktu seperti lima menit saja, setelah itu tuntaskan apa yang tadi disuruh oleh Anda.

"Aku tidak bisa!"

Biasanya kalimat penolakan ini disertai tangis atau rengekan si kecil. Terpaksa, mau tidak mau Andalah sebagai orang tua yang mengerjakannya. Seperti diberi tugas untuk mengambil piring di meja makan, meski sudah diberitahu letaknya, ia kerap menolak dan berkata tidak bisa.

Bisa jadi memang ia belum bisa. Lakukan pendampingan dan jangan pernah merasa bosan mengulangi ajaran Anda lagi dan lagi. Tambahkan rasa percaya diri dengan memujinya walau yang ia kerjakan belum betul-betul sempurna.

"Mama saja, nanti aku salah."

Jika Anda pernah merasa memarahi si kecil terhadap apa yang Anda suruh, kemungkinan besar si anak akan merasa takut salah dan tidak mau mencoba. Hal tersebut membuat kepercayaan dirinya menurun. Beri ruang pada anak agar belajar dari kesalahannya dengan menunjukkan bagian yang salah dan apa yang harus dilakukan agar tidak terulang. Selalu beri pujian untuk setiap kemajuan kecil yang sudah ia capai.

Baca juga Peserta Didik Homeschooling bisa kuliah di PTN/PTS

Sumber : Faqih F

Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena

No comments:

Post a Comment