Tuesday 8 August 2017

Cara Jitu Mengatasi Anak yang Pemalu



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Cara Jitu Mengatasi Anak yang Pemalu
Sumber gambar : Kesekolah

HomeschoolingPena Surabaya, 09 Agustus 2017

Anak yang pemalu cenderung tidak memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Anak pemalu biasanya membatasi diri dalam pergaulan sehingga perkembangan sosialnya terganggu. Pada dasarnya sifat pemalu pada anak bukan bagian dari proses perkembangannya, tetapi oleh pola asuh yang kurang tepat. Anak yang pemalu harus segera ditangani sejak dini supaya tidak mengganggu perkembangan psikologis anak di masa mendatang.

Berikut ini 5 cara jitu mengatasi anak yang pemalu:
1.Biarkan anak untuk bereksplorasi

Menumbuhkan rasa percaya diri anak sebaiknya Anda menerapkan pola asuh yang baik pada anak sejak masih kecil. Jangan menerapkan pola asuh yang terlalu mengekang pada anak sehingga tidak memiliki kebebasan untuk berinteraksi. Biarkan anak untuk bebas bereksplorasi dengan lingkungan sekitar dengan catatan dalam pengawasan Anda.

2. Membantu menumbuhkan rasa percaya diri anak
Anak-anak yang pemalu biasanya tidak memiliki rasa percaya diri untuk bersosialisai dengan lingkungan sekitarnya. Dengan menumbuhkan rasa percaya diri anak maka secara perlahan sifat pemalu yang ada di dalam diri anak secara perlahan akan hilang.

3. Berikan dukungan
Memberikan dukungan kepada anak merupakan salah satu hal yang paling penting untuk menghilangkan sifat pemalu anak. Perlu ketahui bahwa dukungan dari kedua orangtualah modal dasar untuk menumbuhkan dan membentuk rasa percaya diri pada anak. Jangan pernah membuat anak merasa tertekan dan merasa dikucilkan. sebagai orang tua, berikan dukungan atau motivasi pada anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

4. Ajar untuk bersosialisasi
Cara lain untuk mengatasi anak yang pemalu yaitu dengan mengajarkan cara bersosialisai yang baik dengan teman-temannya bahkan dengan orang-orang disekitarnya. Anda bisa mengajak anak untuk bermain dan berinteraksi dengan teman-temanya sehingga lambat laun rasa percaya diri dan kemampuan anak untuk bersosialisai akan tumbuh.

5. Berikan pujian
Memberi pujian pada anak ketika berhasil tampil dihadapan orang banyak. Pujian ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya dalam diri anak sehingga anak mampu mengatasi sifat pemalu yang ada di dalam dirinya.

Baca juga Homeschooling makin jadi pilihan

Jadi, Anda sebagai orangtua harus segera mengatasi sifat pemalu yang ada di dalam diri anak karena bisa berdampak buruk terhadap perkembangannya. Sifat pemalu akan menghambat bakat dan potensi yang dimiliki oleh anak.

Sumber: Josua M



Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena

No comments:

Post a Comment