Wednesday 2 August 2017

Bagaimana Mendidik anak di Era Digital



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Bagaimana Mendidik anak di Era Digital


Sumber Gambar : vemale

Homeschooling Pena Surabaya, 02 Agustus 2017
Berkembangnya dunia Teknologi saat ini memberikan kemudahan yang signifikan. Contohnya dahulu kita kalau kangen dengan teman atau saudara kita yang jauh, kita kirim via Surat, sekarang hanya dengan ketikan jari pesan itu tersampaikan, lalu jika ada pelajaran yang tidak kita tahu, atau Informasi yang baru kita dengar bisa kita cari di Era Digital ini, dan masih banyak lagi Manfaat yang kita dapatkan dari kemudahan di Era Digital. Walaupun begitu setiap ada hal baru kita juga harus bisa menyesuaikan diri dan kepada anak kita yang masih awam. Supaya tidak membawa hal yang baru ini menjadi Negatif. Untuk itu kita akan membahas “Bagaimana Mendidik Anak di Era Digital“.
  1. Jangan di biasakan dan Batasi Penggunaan Gadget sedari Kecil
Banyak dari orang tua yang ketika remaja sudah merasakan Gadget, ketika punya anak memberikan Gadget kepada anaknya dengan memberikan permainan yang ada di Gadget tersebut. Alhasil ketika anak bertumbuh dari tahun ke tahun, Dia tidak bisa jauh-jauh dari Gadget, dan dia hanya menikmati dunia Digital tapi kurang merasakan Dunia Luar, seperti bermain di Lapangan, Bermain dengan temannya, bermain di taman, dan lainnya.
Bukan di Larang, tapi hanya Batasi dia dalam bermain Gadget, ada waktunya anda sebagai orang tua berinteraksi dengan anak anda, ada waktunya membiarkan mereka berinteraksi dengan temannya, dan Lingkungan sekitar.
  1. Dorong Anak untuk melakukan aktivitas Motorik
Semakin banyak bergerak, maka anak akan menjadi lebih sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Anak-anak boleh bermain gadget, tapi kita tetap harus dorong mereka untuk melakukan aktifitas Motorik yang lebih prioritas, seperti bermain boneka. membaca, Membantu orang tua atau mengerjakan pekerjaan rumah, mandi, Bermain Bola, Jalan pagi bersama, dan aktivitas lain yang melibatkan gerakan tubuh yang aktif. Melakukan aktifitas Motorik lebih terlihat banyak manfaatnya juga bukan.
Karena jika anak anda masih dalam pertumbuhan, dia akan terus menangkap hal-hal yang disekelilingnya dan nanti akan terbawa sampai besar, oleh karena itu  perbanyaklah melakukan hal positif untuk Masa depannya nanti.
  1. Pemilihan Media atau tayangan yang tepat dan aman untuk anak
Ini adalah salah satu yang penting untuk para orang tua, kita bisa lihat pertumbuhan anak-anak sekarang, mereka sudah mengenal pacaran, ada yang bergaya-gaya layaknya preman, ada yang modis tanpa mengenal aturan dan norma, melawan gurunya dan lainnya. Yang membuat mereka seperti itu salah satunya tayangan yang tidak seharusnya mereka tonton, seperti sinetron dan lainnya, itu yang mesti anda awasi. Gantilah dengan film kartun yang mendidik, sekarang sudah banyak film kartun yang menarik ditujukan untuk mendidik. Kalau tidak ada di Tayangan Televisi anda bisa menyetel Video kasetnya, atau anda bisa ke tempat hiburan untuk anak.
  1. Memonitoring Lingkungan baik di Dunia Maya maupun di sekitarnya
Adanya Beberapa  situs yang Negatif dan Dapat mempengaruhi Perkembangan si anak. Melalui Sosial Media seperti kiriman teman di Whatsapp, BBM, Tag Facebook dari teman atau pun orang lain, dan media sosial lainnya. Perbanyaklah interaksi dengan anak dari kecil supaya mereka terbiasa bercerita kepada anda ketika ada hal yang baru. Taruhlah Komputer atau Laptop di tempat yang bisa anda pantau, jangan biarkan mereka berada di tempat yang tertutup seperti di kamarnya sendiri. Jika anda melihat anak anda membuka situs yang mencurigakan segeralah memberitahunya dengan pelan-pelan dan membuat anak anda paham sehingga tidak membuka situs yang se-type.
Jangan hanya mengharapkan sekolah yang mengajari hal-hal yang positif, tapi orang tua juga harus lebih berperan aktif membangun Moral Agama pada diri anak sedari dia kecil. Kembalikan peran ibu dan ayah pada tempatnya, dan Orang tua harus lebih dulu hadir dalam kehidupan anaknya, bukan mereka dari Era Digital yang mempengaruhi tumbuh anak.

Baca juga Homeschooling makin jadi pilihan

Sumber : Ibu Digital


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

No comments:

Post a Comment