Monday 27 June 2016

Cara Mendidik Anak yang Baik Agar Anak Bahagia dan Percaya Diri

HOMESCHOOLING PENA
Setara ( SD/SMP/SMA ) 
TERAKREDITASI - BAN PNF

 

Agar Anak Bahagia dan Percaya Diri, Ini 7 Cara Mendidik Anak yang Baik

 


Setiap orang tua tentu ingin anaknya bahagia dan tumbuh menjadi anak yang baik, cerdas, dan percaya diri. Untuk itu, Anda harus bisa mendidiknya sedini mungkin.
Beberapa orang tua berpikir bahwa cukup dengan memasukkan anak ke sekolah, maka tidak perlu lagi mendidiknya di rumah.  Padahal, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter dan kepribadian anak.
Apabila orang tua bisa mendidik anak dengan baik, maka anak akan merasa lebih bahagia dan tumbuh menjadi orang yang percaya diri serta mempunyai kehidupan sosial yang baik.
Berikut tujuh cara mendidik anak yang baik:

1. Ajarkan Anak untuk Mandiri dan Bertanggung Jawab

Anda bisa mengajari anak agar tumbuh menjadi orang yang mandiri dan tidak selalu bergantung pada Anda. Jangan terlalu posesif terhadap anak. Berikan anak kepercayaan untuk melakukan apa ia mau, namun tetap dalam pengawasan Anda. Ajari juga agar anak memahami seperti apa melakukan sebuah tanggung jawab. Misalnya, anak selalu merapihkan semua mainan setelah ia selesai menggunakannya.

2. Asah Rasa Ingin Tahu Anak Sedini Mungkin

Anak biasanya memiliki tingkat rasa ingin tahu yang tinggi. Ia akan bertanya mengenai benda-benda di sekelilingnya. Selalu usahakan untuk menjawab semua pertanyaan anak dengan bahasa dan penjelasan yang mudah dipahami olehnya. Sebisa mungkin jangan menjawab “tidak tahu”. Libatkan diri Anda ketika anak tertarik untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

3. Tumbuhkan Rasa Simpati dan Empati dalam Diri Anak

 Ajari anak Anda agar tumbuh menjadi orang yang selalu menghargai orang lain dan peduli terhadap orang-orang di sekelilingnya. Tumbuhkan rasa simpati dan empati dalam diri anak. Misalnya, memberi sumbangan untuk anak yatim piatu. Jelaskan pada anak mengapa ia harus berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

4. Selalu Hargai Pendapat Anak

Berikan anak kebebasan untuk berpendapat. Anda sebagai orang tua harus bisa mendengarkan apapun yang anak utarakan. Apabila ada pendapat anak yang menurut Anda kurang tepat, jangan langsung memarahinya, tapi berikan respon dan penjelasan yang positif. Begitu juga sebaliknya. Apabila anak memberikan pendapat yang baik, maka jangan ragu untuk memujinya.

5. Sirami Anak dengan Cinta, Kasih Sayang, dan Perhatian

Anak sangat membutuhkan perhatian dari orang tuanya. Maka, jangan pernah bosan untuk selalu memberikan perhatian, cinta, dan kasih sayang untuk anak Anda. Semua itu akan menjadikan anak nyaman dekat dengan Anda dan menaruh kepercayaan terhadap Anda.

6. Berikan Contoh yang Baik karena Anak Suka Meniru Perilaku Orang Tuanya

Jadilah role model atau panutan yang baik untuk anak Anda. Jaga perilaku dan ucapan Anda ketika sedang berada di dekat anak, karena ia suka meniru apa yang dilakukan dan dikatakan oleh orang tuanya.

7. Ajari Anak Agar Bisa Belajar Menerima Kenyataan

Anak Anda juga perlu tahu bagaimana menerima kenyataan dalam hidup yang tidak sesuai ekspektasinya. Misalnya, anak kalah dalam lomba di sekolah. Anda bisa mengatakan padanya bahwa yang penting ia sudah berusaha dan bisa mendapatkan pengalaman baru. Katakan juga padanya bahwa kalah menang adalah hal yang wajar dalam sebuah perlombaan.

Enroll Now !
Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 

TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

No comments:

Post a Comment