Tuesday 28 June 2016

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Lulus SBMPTN 2016,


Ini Langkah Selanjutnya Setelah Lulus SBMPTN 2016



Homeschooling Surabaya-Homeschooling Pena, 28 Juni 2016

Selamat untuk alumni SMA dan sederajat yang lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016! Dengan keberhasilan tersebut, artinya kamu sudah tercatat sebagai calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) pilihanmu.

Setelah dinyatakan berhasil, bukan berarti lantas santai-santai. karena, pasca pengumuman hasil SBMPTN 2016, masih ada tahapan selanjutnya yang harus dilakukan hingga bisa dinyatakan benar-benar resmi masuk ke PTN tersebut. Berikut Tahapannya :

1. Cetak bukti kelulusan

Dibutuhkan atau tidak, usahakan untuk mencetak dan menyimpan bukti kelulusanmu tersebut. Bukti lulus SBMPTN 2016 itu menjadi dokumen yang penting, apalagi saat daftar ulang atau masa orientasi mahasiswa baru nanti.

2. Cek laman kampus

Begitu hasil SBMPTN 2016 diumumkan, segera cek laman PTN yang menerimamu. Lihat jadwal dan proses registrasi mahasiswa baru. Perhatikan apakah ada formulir online yang harus dilengkapi atau tidak. Biasanya, formulir online tersebut bertujuan untuk menentukan kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diumumkan saat verifikasi nanti.

3. Siapkan dokumen

Lulus SBMPTN 2016 tidak langsung menjadikanmu mahasiswa di PTN penerima. Masih ada proses daftar ulang. Karena itu, mulai siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk proses registrasi. Jika ijazah atau SKHUN-mu belum dilegalisasi, segera urus di sekolah masing-masing. Sedangkan beberapa dokumen yang biasanya diminta, yakni Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, pas foto, slip gaji orangtua, rekening listrik, dan lain sebagainya.

4. Verifikasi ke kampus

Usai pengumuman hasil SBMPTN 2016, PTN yang bersangkutan akan meminta calon mahasiswa baru langsung datang ke kampus untuk melakukan daftar ulang. Jangan lupa bawa semua kelengkapan berkas yang dibutuhkan. Pada tahap ini, akan dilakukan juga pemeriksaan kesehatan.

5. Berpenampilan rapi

Saat datang langsung ke kampus untuk daftar ulang, gunakan pakaian yang rapi. Gunakan kemeja berkerah dan sepatu. Selain itu, jagalah ketertiban lantaran di sana akan banyak calon mahasiswa yang lulus SBMPTN 2016 yang melakukan proses serupa.

Demikian tahapannya, semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment