Tuesday 28 June 2016

Pantang Galau Meski Tak Lulus SBMPTN


Pantang Galau Meski Tak Lulus SBMPTN 2016


Homeschooling Surabaya-Homeschooling Pena, 28 Juni 2016

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 sudah diumumkan. Dari 721.326 peserta, hanya sekira 17 persen atau 126.804 yang lulus dan diterima di 78 PTN se-Indonesia.
Bagi yang tidak lolos SBMPTN 2016, jangan berkecil hati. Sebab, masih banyak cara untuk bisa melanjutkan kuliah dan menggapai cita-cita yang diimpikan. Berikut ini beberapa solusi yang bisa dipertimbangkan.

1. Ikut seleksi jalur mandiri

Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN), seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) memang sudah melakukan ujian mandiri (UM) sebelum hasil SBMPTN 2016 diumumkan. Kendati demikian, masih ada beberapa PTN yang masih membuka pendaftaran UM hingga pertengahan Juli mendatang. Beberapa di antaranya, yakni Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Brawijaya (UB).
Nah, coba cari informasi lainnya melalui laman resmi kampus-kampus negeri. Kesempatan ini bisa menjadi solusi jika kamu masih ingin mengejar kuliah di PTN.

2. Mulai incar kampus swasta

Kuliah di kampus swasta bukan berarti kalah dengan mereka yang diterima di PTN. Saat ini, banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang berkualitas, bahkan unggul di bidang-bidang tertentu. Kuliah di mana pun itu, yang menentukan sukses atau tidaknya seseorang adalah dirinya sendiri.

3. Kursus

Jangan kecewa berkepanjangan. Jika kamu belum ada rencana lagi, kursus menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu luang secara positif. Kursus bahasa asing, misalnya, bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan cara tersebut, kamu sekaligus bisa menambah skill. Pilihan kursus sangat beragam, tinggal disesuaikan dengan bidang yang diminati.

4. Coba lagi tahun depan

Tahun depan kamu memang sudah tak bisa ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) lagi. Tapi, kesempatan ikut SBMPTN masih sangat terbuka. Jika PTN satu-satunya tujuan studimu, maka review kembali mengapa kamu bisa gagal. Kemudian ambil program intensif untuk persiapan SBMPTN tahun depan. Sambil menunggu kesempatan itu, jagan sampai menganggur. Lakukan hal-hal positif, seperti ikut volunteer, magang, atau kegiatan lainnya.

5. Liburan

Rasa kecewa karena gagal lulus SBMPTN 2016 tentu sulit dihilangkan. Oleh sebab itu, coba tenangkan kembali pikiranmu dengan liburan. Apalagi, saat ini menjelang libur Lebaran sehingga kamu bisa bersenang-senang sejenak dengan keluarga besar. Siapa tahu, mereka bisa memberikan masukan yang positif sehingga kamu bisa merencanakan kembali langkah yang akan diambil setelah tak lolos SBMPTN 2016.

Tetap semangat!

No comments:

Post a Comment