Tuesday 21 June 2016

Strategi Jitu dalam Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Pendidikan anak merupakan hal yang sangat penting untuk dipersiapkan sejak awal, mengingat jumlah biaya ini akan menjadi sangat besar nantinya karena setiap tahun akan mengalami kenaikan secara berkala.
Namun kenaikan yang terbilang stabil tersebut, justru membuat anda lebih mudah untuk menghitung besaran biaya yang akan dibutuhkan ketika anak telah memasuki usia sekolah.
Karena itu, besaran dana pendidikan yang akan dibutuhkan anak di masa yang akan datang tentu akan sangat berbeda jauh jumlahnya dengan pendidikan di masa sekarang.
Hal inilah yang patut untuk anda pertimbangkan dalam menyiapkan segala sesuatunya sejak awal.Ada banyak hal yang membuat anda wajib mempersiapkan dana pendidikan dengan strategi yang tepat, beberapa di antaranya seperti di bawah ini:
1. Jumlah Biaya yang Meningkat

Biaya pendidikan akan mengalami peningkatan hampir setiap tahun. Jumlah peningkatan rata-rata di dalam biaya pendidikan terbilang cukup besar, yakni sekitar 15 persen sampai 20 persen setiap tahunnya. Artinya, jika anak anda saat ini masih belum lahir atau berada dalam kandungan, maka coba bayangkan berapa besar biaya kuliah yang akan anda bayarkan kelak.
Jumlahnya bisa berpuluh kali lipat, bukan? Jumlah yang selalu mengalami peningkatan inilah yang menjadi alasan utama mengapa anda harus mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini.
2. Masa Produktif Anda dan Pasangan

Saat anak masih kecil, bisa dipastikan anda dan pasangan masih produktif, artinya memiliki sejumlah penghasilan tetap yang bisa diandalkan. Anda harus memanfaatkan masa-masa tersebut untuk mempersiapkan dana pendidikan anak.Sebab jika tidak pada masa ini, maka anda akan sangat kesulitan untuk memenuhinya di masa yang akan datang.Mendekati masa tidak produktif, maka anda dan pasangan tentu akan mengalami banyak penurunan kualitas dalam berbagai hal, termasuk keuangan dan juga kesehatan. Hal ini akan menjadi penghambat anda untuk memprioritaskan pendidikan anak, sebab perhatian utama anda bukan pada hal tersebut lagi.
3. Masa Tumbuh Investasi yang Cepat

Ketika mempersiapkan dana pendidikan anak, maka biasanya orang-orang akan melakukan berbagai macam investasi untuk hal tersebut. Dengan masa persiapan yang cukup panjang, maka berbagai macam investasi yang anda lakukan tersebut bisa memiliki masa pertumbuhan nilai yang jauh lebih tinggi. Hal ini akan berbanding lurus dengan pertumbuhan biaya pendidikan setiap tahunnya.
4. Pikiran Tenang dan Nyaman

Jangan membuang-buang waktu anda untuk memikirkan berbagai beban yang anda tanggung di dalam hidup anda, termasuk dana pendidikan anak. Jika anda mempersiapkannya sejak awal, maka anda dan pasangan akan lebih tenang dalam menjalani hidup berkeluarga. Bahkan pada saat anak telah memasuki usia kuliah, anda tidak lagi perlu membanting tulang dan kalang kabut menyiapkan berbagai kebutuhannya.
Kapan dan bagaimana cara mempersiapkannya

Dana pendidikan merupakan sejumlah dana yang akan dibutuhkan oleh anak ketika mereka telah memasuki usia sekolah ataupun kuliah nanti. Namun sejumlah dana ini tidaklah harus anda siapkan pada masa-masa tersebut telah tiba, akan sangat baik jika anda mempersiapkan hal tersebut sejak awal, bahkan meski anak anda belum lagi lahir. Dana ini cukup besar, dan anda harus mempersiapkannya dengan perhitungan dan juga jumlah yang tepat.
Setiap orang mungkin akan memiliki cara yang berbeda untuk menyiapkan dana pendidikan anak, namun pada kenyataannya semua hal tersebut dilakukan dengan tujuan yang sama, yakni memberikan jaminan pendidikan yang terbaik bagi anak anda. Lakukan beberapa poin di bawah ini untuk mempersiapkan dana pendidikan anak:
1. Membatasi jumlah anak

Saat ini prinsip “banyak anak, banyak rezeki” sudah tidak bisa digunakan lagi. Semua hal membutuhkan biaya yang besar, dan anda harus mempertimbangkan hal ini ketika memutuskan untuk memiliki seorang anak. Lihat kemampuan ekonomi anda dan juga perhitungkan mengenai masa depan yang bisa anda berikan pada anak-anak nantinya. Membatasi jumlah anak, bisa saja membantu anda mempersiapkan pendidikan dan masa depan yang cerah bagi mereka.
2. Lakukan perencanaan keuangan

Susun rencana keuangan anda, masukkan pos dana pendidikan anak di sana. Lalu mulailah mengalokasikan sejumlah penghasilan anda ke dalam pos tersebut. Jika anda dan pasangan tidak memiliki kemampuan untuk melakukan perhitungan, maka ada baiknya anda meminta bantuan kepada seorang ahli keuangan profesional.
3. Segera lakukan investasi

Setelah rencana, maka mulailah bertindak dengan segera. Lakukan berbagai investasi dengan sejumlah dana yang anda alokasikan sebagai dana pendidikan. Namun, selalu pastikan bahwa anda benar-benar paham mengenai aturan serta risiko yang terkandung di dalam investasi yang anda jalankan.

No comments:

Post a Comment