Monday 6 February 2017

Bagaimana Menumbuhkan Semangat Belajar pada Anak?



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF

Bagaimana Menumbuhkan Semangat Belajar pada Anak?

Homeschooling Pena Surabaya, 06 Februari 2017

Di dalam kehidupan ini tidak pernah dapat dipisahkan dari kata belajar. Sejak kita dilahirkan, kita melalui serangkaian proses belajar seperti tengkurap, merangkak, berjalan hingga akhirnya kita dapat berlari. Serangkain proses belajar tersebut dilalui tanpa seorang guru, tetapi kita mampu melakukannya. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya seorang anak akan belajar dengan sendiri hingga mampu melakukannya ketika memang sudah waktunya.

Dalam pertumbuhan anak akan berinteraksi dengan orang-orang terdekat baik itu orangtua maupun saudara-saudaranya. Dalam fase pertumbuhan anak inilah yang biasanya terdapat kekeliruan dalam mendidik. Apakah kekeliruan yang dimaksud? Pernahkah Anda melihat seorang anak yang dibentak oleh orangtuanya karena dilarang memegang sesuatu? atau ketika anak akan melakukan suatu hal kemudian orangtua membentak melarang anak tersebut? Perlu diketahui itulah cara yang kurang tepat dalam mendidik anak, karena kekeliruan tersebutlah anak cenderung menjadi takut bahkan malas untuk belajar.

Lalu, bagaimana upaya kita agar dapat menumbuhkan semangat belajar pada anak?
1. Jadi Teladan Anak

Pendidikan pertama bagi seorang anak adalah keluarga. Maka dari itu peran dari orangtua sangat menentukan mau jadi apa anak tersebut ketika sudah menjadi besar. Karena pada dasarnya setiap anak senang meniru, yang perlu dilakukan para orangtua adalah menjadi contoh/teladan yang baik bagi mereka. Bukan menyuruh anak tidak menonton televisi, tapi cobalah untuk membaca di jam jam belajar. Pasti anak pun akan mengikuti kebiasaan tersebut.

2. Tidak Berkata Kasar Ketika Memarahi
Untuk membuat anak semangat belajar bukanlah dengan cara memaksa anak belajar kemudian memarahi dengan kata-kata kasar. Karena cara tersebut justru cenderung akan membuat seorang anak menjadi pendiam, penakut, dan kurang percaya diri.

3. Ketahui Gaya Belajar Anak
Setiap anak itu unik. Memiliki gaya belajar uang berbeda-beda antara anak satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, penting para orangtua mengetahui tipe gaya belajar anak. Bila anak senang belajar dengan cara visual tentu orangtua harus lebih kreatif agar anak semangat belajar. Misalnya dengan menyediakan sumber belajar melalui video pembelajaran interaktif. Tentu cara ini akan tidak efektif bila diberikan kepada anak yang memiliki gaya belajar kinsestetik. Maka dari itu penting sekali, orangtua mengetahui gaya belajar anak.

4. Berikan Reward
Reward dalam bentuk hal-hal kecil juga akan memiliki banyak arti bagi seorang anak. Mereka akan merasa, setiap usaha keras mereka dihargai. Maka dari itu, berilah pujian ataupun hadiah-hadiah kecil untuk setiap usaha keras ataupun prestasi yang telah mereka raih. Hal tersebut akan membuat anak lebih bersemangat lagi untuk menciptakan prestasi berikutnya.

5. Pembelajaran Bermakna
Pada umumnya setiap anak tidak mengetahui apa gunanya belajar materi tertentu, atau kenapa belajar mata pelajaran tertentu. Maka dari itu, jelaskanlah kepada anak bahwa setiap mata pelajaran di sekolah yang di pelajari memiliki kegunaan atau manfaat yang berbeda-beda untuk kehidupan. Dengan mengetahui manfaat dari belajar anak akan lebih terpacu semangatnya untuk belajar.

Itulah beberapa cara menumbuhkan semangat belajar pada anak.


Baca juga Peserta Didik Homeschooling bisa kuliah di PTN/PTS

Sumber: Josua M



Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 

TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 


No comments:

Post a Comment