Tuesday 21 February 2017

Manfaat di Balik Kegiatan Melamun pada Anak



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF

Manfaat di Balik Kegiatan Melamun pada Anak


Homeschooling Pena Surabaya, 21 Februari 2017

Setiap orang tentu pernah melamun dalam hidupnya. Entah itu ketika merasa sepi, sedang berada di keramaian hingga sedang bersedih. Jika kebanyakan melamun dialami orang dewasa, rupanya anak kecil tanpa disadari juga bisa melamun. Lalu, apa bedanya dengan orang dewasa?

Secara psikologis, melamun pada anak didefinisikan sebagai kondisi ketika pikiran anak terputus sementara dari lingkungannya, atau ketika kontak antara dirinya dan lingkungannya menjadi kabur, digantikan oleh khayalan visual dan dialami dalam kondisi terjaga.

Akan tetapi, apakah melamun pada anak bisa dikatakan normal? Adakah manfaat di balik kegiatan melamun? Yuk simak ulasan berikut ini.

Melamun Membuat Otak Lebih Tajam

Meski melamun lebih sering dianggap negatif karena tidak produktif, namun jangan salah, melamun juga dapat membuat otak lebih tajam lho. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Wisconsin-Madison, AS, menyebutkan melamun berhubungan dengan kecerdasan.

Daniel Levinson, merupakan seorang peneliti yang menangani hal ini mengatakan bahwa anak yang pikirannya sering melayang saat melakukan tugas-tugas sederhana ternyata memiliki otak lebih tajam, karena ia memiliki lebih banyak memori kerja di otak sehingga memberinya kemampuan untuk multi tasking atau melakukan dua hal pada waktu bersamaan.

Melamun Itu Normal

Sang anak yang sedang melamun, khayalan visual mereka akan terbang kemana-mana sama halnya seperti orang dewasa. Ada berbagai macam hal yang tentu bisa dibayangkan oleh si kecil. Mulai dari sesuatu yang menyenangkan, sedih, takut, atau sesuatu di masa lalu hingga harapan dan ambisi anak.

Para psikolog sepakat bahwa melamun merupakan aktivitas normal dalam perkembangan anak. Aktivitas ini juga merupakan cara bagi anak untuk mengatasi rasa bosan dan lelah, mencari jalan keluar masalah (problem solving), membayangkan sebuah kejadian, atau merangsang kreativitasnya.


Baca Juga Peserta Didik Homeschooling bisa kuliah di PTN/PTS

Nah, kini Anda tidak perlu merasa cemas lagi bila mendapati si kecil sedang melamun. Bisa jadi itu merupakan waktu kreatif yang baik untuk perkembangan si kecil.

Sumber: Faqih F


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

 

No comments:

Post a Comment