Tuesday 10 October 2017

Anak Minta Gadget? Berikanlah Sesudah Pertimbangkan Ini!



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Anak Minta Gadget? Berikanlah Sesudah Pertimbangkan Ini!


Sumber Gambar : Kesekolah

HomeschoolingPena Surabaya, 10 Oktober 2017

Makin maju teknologi, makin tidak terpisahkan pula kita dari kehebatan gadget yang sangat berkembang dengan pesatnya. Tidak terkecuali anak-anak. Karena fitur-fitur yang ditawarkan menggiurkan, seringkali anak-anak merengek meminta ponsel pintar atau smartphone padahal umurnya masih belum memungkinkan untuk memegang alat canggih ini.

Tak sedikit dari kita sebagai orangtua, kita pun sering memenuhi keinginan mereka karena seperti yang diketahui, gadget tersebut dapat membantu anak dalam belajar dan fitur canggih lainnya yang membuat gadget seperti "teman" anak ketika orangtua sedang berpergian.

Memiliki ponsel juga bisa membantu orangtua mengawasi anak di rumah sementara mereka di kantor. Tapi, yang perlu diperhatikan, kemampuan anak dalam mengadopsi teknologi yang begitu cepat itu tidak sejalan dengan kemampuannya mengemban tanggung jawab saat menggunakannya. Untuk itu, kita sebagai panutan anak harus mempertimbangkan gadget mana yang sesuai dengan usia si anak seperti berikut ini.

1. Ajarkan cara menggunakan gadget dengan baik
Beritahu anak bagaimana cara menggunakan ponsel yang bertanggung jawab. Misalnya, tata krama serta petunjuk keamanan saat menerima telepon atau mengirim SMS ketika berada di tempat umum. Selain itu, orangtua harus mengawasi penggunaan ponsel pada anak. Secara berkala, Anda perlu memeriksa aplikasi yang ada di dalam ponsel dan juga kotak pesannya, untuk memastikan anak tidak mengalami cyberbullying.

2. Belikan gadget yang sesuai dengan umur anak
Kalau anak memang sudah bisa diberi tanggung jawab untuk memiliki ponsel, carilah model yang tepat untuk anak. Cermati fitur-fitur yang ditawarkan oleh ponsel dan antisipasi risiko yang bisa muncul. Anda juga bisa memberikannya nomor pra-bayar, agar bisa mengontrol penggunaan pulsanya setiap bulan. Tidak perlu membelikan ponsel yang mahal, karena anak-anak bisa saja kehilangan ponsel semudah mereka kehilangan pulpen atau bukunya.

3. Perhitungkan biaya pulsa gadget yang digunakan anak
Ada kalanya biaya pulsa anak membengkak tak terkendali, meski orangtua sudah berusaha mengawasinya. Untuk itu, Anda perlu kembali mengevaluasi sejauh mana ponsel yang dipegang anak itu memang diperlukan. Apakah Anda perlu menghilangkan beberapa fitur seperti akses internet dan email dalam ponsel anak, atau mengganti ponsel pintar yang dipegangnya dengan ponsel biasa? Diskusikan hal ini dengan anak agar mereka memahami bahwa ponsel tidak bisa digunakan sepuasnya dan tetap harus mengingat masalah biaya.

4. Menunda pemberian ponsel
Tunda dahulu pemberian fasilitas ponsel kepada anak jika usianya masih kecil. Lebih baik jika tidak memperkenalkan fasilitas gadget dalam jangka lama. Ada banyak alasan untuk melakukannya, baik dari sisi finansial maupun sosial. Para orangtua perlu ingat, orang dewasa saja bisa kecanduan ponsel pintar dan berubah jadi antisosial saat menggunakannya. Hal ini mungkin bisa terjadi pada anak-anak.

Baca juga Penyebab Utama Anak Berperilaku Kasar

Tidak salah jika kita memperkenalkan teknologi pada anak agar ia bisa memanfaatkannya kelak namun penggunaan gadget haruslah diawasi agar anak tidak disesatkan oleh informasi yang tidak bertanggung jawab.

Sumber : Josua M


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena

No comments:

Post a Comment