Thursday 19 October 2017

Bagaimana Melindungi Anak dari Bahaya Internet? Ikuti Tips Nya!



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF

Bagaimana Melindungi Anak dari Bahaya Internet? Ikuti Tips Nya!


Foto : Kesekolah

Homeschooling Pena Surabaya, 19 Oktober 2017

Dengan berkembangnya teknologi belakangan ini yang begitu pesat, tentunya dampaknya sangat luas terhadap masyarakat. Terutama untuk yag tinggal di perkotaan. Internet seakan sudah menjadi 'santapan'sehari-hari. Begitu juga dengan gadget. Hampir semua orang sekarang memiliki gadget. Entah itu anak-anak atau orang tua sekalipun. Dengan adanya gadget dalam genggaman dan kemudahan akses internet, maka semakin mudah seseorang untuk mengakses berita apa pun. Untuk orang dewasa mungkin hal ini tidak terlalu menimbulkan dampak negatif, karena sebagai orang dewasa kita dapat memilah-milah isi berita yang layak dinikmati ataupun tidak.

Namun untuk anak-anak, yang masih belum mengerti mengenai apa itu berita positif maupun negatif akan memberikan dampak yang kurang baik jika tidak diberi pengarahan oleh orang tua. Lalu bagaimanakah caranya supaya anak dapat terlindungi dari bahaya internet? Beberapa langkah yang dapat ditempuh oleh orang tua dalam melindungi anak mereka dalam menjelajahi internet antara lain:

Tempatkan komputer di area yang mudah dipantau oleh orang tua
Kadang orang-tua merasa bangga dengan dapat meletakkan dalam kamar anak mereka sebuah komputer yang terhubung Internet. Hal ini sebenarnya akan membahayakan anak Anda karena mereka dapat leluasa mengakses situs-situs yang tidak baik tanpa diketahui orang-tua. Sebaliknya, dengan meletakkan di tempat terbuka, misalnya di ruang keluarga, Anda dapat memantau situs apa saja yang dibuka anak.

Membatasi waktu penggunaan internet
Jangan biarkan anak anak terlalu asyik di dunia maya. Tetapkan berapa lama Internet boleh digunakan dan situs apa saja yang boleh diakses. Jelaskan juga mengapa Anda melakukan hal ini dan bantu anak untuk memahami keputusan ini.

Menjalin komunikasi yang baik dengan anak
Luangkan waktu untuk bercanda dengan anak dan berkomunikasi dengan terbuka. Komunikasi yang baik dan keakraban dengan anak akan memudahkan Anda untuk menanamkan nilai-nilai moral. Anda dapat menjelaskan kepada anak Anda apa saja bahaya dari penggunaan Internet agar mereka tidak mudah terkecoh.

Orang tua perlu memiliki pengetahuan tentang Internet
Jangan mengganggap diri terlau tua atau terlalu bodoh untuk mempelajari Internet. Istilah lainnya, jangan gaptek (gagap teknologi). Seorang anak dapat saja dengan sengaja membiarkan atau membuat orang tua tidak memahami teknologi sehingga orang-tua berpikir tidak ada dampak negatif dari Internet.

Bantu agar anak dapat membuat keputusan sendiri
Karena Anda tidak dapat mengawasi anak Anda 24 jam, biasakan anak Anda untuk mengambil keputusan mulai dari hal-hal yang kecil. Misalnya, memutuskan untuk menggunakan pakaian yang mana atau tanyakan pendapat dan sudut pandang anak. Sehingga saat Anda tidak ada atau saat muncul situs porno mereka dapat mengambil tindakan yang tepat. Tanamkan pula rasa takut akan Tuhan, sehingga walau Anda tidak ada, tetapi dia tahu bahwa Tuhan memperhatikan dan melihat apa yang dilakukannya.

Sebenarnya internet itu baik asalkan digunakan dengan bijak. Dengan adanya internet juga memudahkan anak mendapatkan informasi yang diperlukan untuk membantu tugas-tugas dari sekolah atau untuk menambah pengetahuan. Namun yang perlu diperhatikan adalah beberapa tips diatas sehingga anak-anak dapat memaksimalkan manfaat dari internet dan orang tua juga tidak khawatir membiarkan anak mereka berselancar internet.

Sumber: Josua M


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena

No comments:

Post a Comment