Thursday 5 October 2017

Kembangkan Kreativitas Anak dengan Hal-Hal Baru!



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Kembangkan Kreativitas Anak dengan Hal-Hal Baru!


Sumber Gambar : Kesekolah

Homeschooling Pena Surabaya, 06 Oktober 2017

Alangkah senangnya jika kita sebagai orangtua melihat anak kreatif dalam tumbuh kembangnya dan melakukan kegiatan yang dapat mengasah kreativitasnya seperti menggambar atau bernyanyi. Mungkin didalam benak kita sering bertanya pada diri sendiri bagaimana supaya anak lebih kreatif lagi? Mungkinkah terfokus hanya apa yang anak bisa seperti menggambar saja?

Cobalah perkenalkan anak pada lingkungan baru dan aktivitas lain yang dapat mengasah kreativitas anak. Dan tentu saja ini tidak terlepas dari keterlibatan orangtua. Berikut ada beberapa pilihan yang bisa anda jadikan untuk solusi mengasah kreativitas anak.

1. Matikan televisi, nyalakan musik
Jika anak sering membuat PR atau menggambar sambil menonton televisi atau melihat komputer, cobalah cara yang lain. Putar berbagai jenis lagu yang menarik, yang mungkin tidak pernah mereka dengar mulai dari komposisi musik klasik hingga lagu balada, dari band zaman dulu hingga yang sedang tenar saat ini. Menyimak alunan musik yang berbeda dapat membantu menumbuhkan inspirasi dalam diri anak, dengan cara yang tidak terduga.

2. Ajak mereka masuk dan ikut kegiatan di dapur
Sesekali, biarkan anak ikut memasak bersama dan ajarkan tentang berbagai jenis bumbu dan bahan makanan. Biarkan mereka mencoba resep hasil temuannya sendiri dan ikutlah mencicipi. Bawa juga mereka ke pasar untuk melihat berbagai bahan pangan yang dijual dan ceritakan apa saja yang bisa diolah dari sana. Mengetahui bagaimana makanan yang tersaji di rumah itu dibuat dan dari mana asalnya akan menjadi cara yang bagus untuk menstimulasi rasa ingin tahu mereka. Dan, siapa tahu akan memunculkan bakat yang baru!

3. Rencanakan hari khusus untuk bepergian
Pada hari libur atau hari minggu, gunakanlah hari tersebut untuk mengajak anak keluar dari kegiatan rutin dan tempat-tempat yang selalu dikunjungi. Bawalah anak-anak ke suatu tempat baru yang bisa membuka pikiran dan mengasah imajinasi mereka. Bisa dengan pergi ke museum, ke taman, atau ke gunung. Usahakan untuk mengajak mereka berkunjung ke tempat-tempat baru sesering mungkin. Libatkan anak dengan bertanya, tempat seperti apa yang ingin mereka kunjungi. Atau, tanyakan padanya apa yang sedang dipelajari di sekolah dan ajaklah ke tempat yang berhubungan dengan pelajarannya itu.

4. Jawab pertanyaan anak dan ajukan pertanyaan
Mungkin Anda sedang stres, capek, atau tidak ingin menjelaskan jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh anak. Tapi, penting bagi para orangtua untuk memahami bahwa memberikan respons pada pertanyaan-pertanyaan kritis anak itu dapat menumbuhkan rasa ingin tahu mereka. Trik lain agar otak mereka selalu terstimulasi adalah dengan mengajukan pertanyaan balik. Misalnya, "Kalau kamu bisa melakukan apa saja, apa yang akan kamu buat?" Jawaban anak pasti akan membuat Anda terkejut dan merasa terhibur. Sementara anak juga senang jika ditanya seperti ini.


Baca juga Homeschooling makin jadi pilihan

Janganlah ragu untuk mengajarkan sesuatu yang baru untuk anak! Umur yang masih terlalu muda lebih rentan terhadap rasa ingin tahu yang besar sehingga dengan apa yang didapat dari sesuatu yang baru dapat mengasah imajinasi anak untuk meningkatkan kreativitas anak.

Sumber: Josua M



Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena


No comments:

Post a Comment