Wednesday 14 September 2016

4 Tips Mudah bagi Siswa untuk Mengerjakan PR


Tips Mudah bagi Siswa Mengerjakan PR




Homeschooling Surabaya-Homeschooling Pena, 15 September 2016


Guru mata pelajaran memberikan PR atau pekerjaan rumah kepada siswa. Jumlah dan bobot PR setiap mata pelajaran tersebut berbeda satu sama lainnya. terkadang siswa, bahkan orangtua siswa, mengeluh lantaran banyaknya PR yang diberikan guru di sekolah.
Pertanyaaanya, Apakah para guru mata pelajaran sengaja memberi PR banyak dan berbobot tinggi untuk memberatkan siswa? Jawabannya memang benar sengaja memberi PR, Tapi bukan untuk memberatkan siswa.
PR itu bertujuan agar siswa mau mengulang pelajaran di rumah. Selain itu juga memantapkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

Apakah setiap guru memberi PR dengan jumlah banyak? Setiap mata pelajaran memiliki karakter tersendiri. Begitu pula tujuan pembelajaran yang hendak dikuasai siswa. Berdasarkan hal inilah para guru memberikan PR kepada siswa. Faktanya memang, dalam satu hari ada 2 atau 3 guru mata pelajaran yang memberikan PR kepada siswa. PR itu diberikan dengan jumlah dan bobot yang berbeda. Itu dapat dimaklumi karena dalam satu hari terdapat beberapa mata pelajaran. Kecuali pada hari tersebut siswa hanya belajar dengan satu guru mata pelajaran.

Lalu bagaimana cara siswa agar dapat mengerjakan PR dengan mudah?

1. Buat buku agenda PR
Setiap siswa hendaknya memiliki catatan kecil atau buku agenda untuk mencatat segala sesuatu yang berkaitan dengan PR atau pekerjaan rumah yang diberikan guru. Isinya antara lain; apa saja mata pelajaran yang memiliki PR pada hari bersangkutan. Kemudian apa materi PRnya, dimana sumbernya, dan kapan waktu dikumpulkan kembali.

2. Tertib PR

Tertib PR maksudnya mendahulukan PR sekolah yang paling dekat untuk dikumpulkan. Disinilah pentingnya buku agenda PR sehingga PR mana yang segera dikerjakan terlebih dulu. PR mata pelajaran yang dikumpul dalam waktu dekat, segera kerjakan terlebih dulu.

3. Membentuk Kelompok Belajar

Salah satu tujuan membentuk kelompok belajar adalah mengerjakan PR sekolah secara bersama-sama. Berapapun banyaknya PR sekolah akan dapat dikerjakan dengan berkelompok. Coba bandingkan sekian PR yang dikerjakan sendiri-sendiri di rumah. Mana yang lebih mudah?

4. Sumber belajar

Sumber belajar adalah semua bahan belajar yang dapat digunakan siswa untuk mengulang pelajaran maupun mengerjakan PR di rumah. Apa saja sumber belajar? Buku catatan pelajaran termasuk sumber belajar. Begitu pula buku paket atau buku penunjang sesuai mata pelajaran dan pokok bahasan. Bahkan perangkat seluler, tablet, komputer pribadi termasuk sarana dan sumber belajar.

Dengan menerapkan tips mudah di atas diharapkan siswa tidak mengeluh lagi dengan banyaknya PR rumah atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru di sekolah.

SEMOGA BERMANFAAT


No comments:

Post a Comment