Thursday 15 September 2016

Pentingnya Memilih Waktu yang Tepat untuk Belajar

Pentingnya Memilih Waktu yang Tepat untuk Belajar


Homeschooling Surabaya-Homeschooling Pena, 16 September 2016

rajin belajar? Atau sering diskusi? Tetapi ketika menghadapi berbagai permasalahan langsung bingung. Padahal salah satu tanda dari seorang yang cerdas adalah bisa menyelesaikan sebuah masalah. Tidak hanya pintar mencari solusi dan punya wawasan luas, tetapi seharusnya orang yang belajar banyak juga tahu kapan memilih waktu yang tepat untuk belajar. Sebab bisa saja Anda memiliki durasi belajar yang banyak tetapi tidak efektif.
Jadi, merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk belajar. Selain menghemat energi, Anda juga bisa memanfaatkan waktu belajar Anda selama ini untuk hal-hal lain yang juga masuk dalam prioritas Anda. Dan berikut cara memilih waktu belajar yang efektif:

Saat bangun di pagi hari

Setelah istirahat semalaman maka kondisi fisik akan bugar kembali. Bangun di pagi hari tidak hanya cocok untuk olahraga pagi, tetapi juga merupakan waktu yang tepat untuk belajar. Cara belajar itu misalnya dengan membaca, sebab otak masih dalam keadaan segar sehingga mudah menyerap apa-apa yang dipelajari. Jadi memilih waktu belajar pada pagi hari bisa membantu efektifitas pembelajaran.

Belajar di waktu luang

Dua puluh empat jam yang Anda miliki dalam satu hari itu biasanya Anda akan menemukan waktu luang. Misalnya pada saat lagi antri, daripada bengong dan pikiran Anda kosong maka waktu seperti itu bisa Anda isi dengan membaca. Selalu siapkan bahan bacaan di manapun Anda bepergian. Waktu luang yang spontanitas seperti itu bisa Anda manfaatkan untuk belajar lebih efektif.

Sebelum jam istirahat atau tidur

Sebelum beristirahat merupakan pilihan waktu belajar yang efektif. Misalnya pada malam hari dan kondisi tubuh Anda lelah tetapi biasanya Anda biasa tidak bisa langsung tidur atau jam istirahat pada waktu siang. Maka memilih belajar pada saat seperti itu merupakan sebuah momen yang tepat. Jadi tidak ada salahnya kalau sebelum istirahat Anda memilih untuk belajar.

SEMOGA BERMANFAAT

No comments:

Post a Comment