Thursday 22 September 2016

Cara Jitu Mengajari Anak Belajar Menulis

Cara Jitu Mengajari Anak Belajar Menulis


Homeschooling Surabaya-Homeschooling Pena, 22 September 2016

Siapa sih orang tua yang tidak ingin anaknya pandai menulis? Menulis memang sudah mulai dibelajarkan sejak anak di sekolah. Kadang orang tua mengalami sedikit kesulitan ketika mengajari anak belajar menulis. Yang namanya anak kecil mereka akan cenderung lebih memilih kegiatan yang menyenangkan bila Anda mengajari menulis dengan cara yang kaku dan bersifat memaksa mereka.

Berikut cara dalam mengajari anak belajar menulis:

1. Buatlah menulis menjadi menyenangkan


Anak-anak akan lebih tertarik pada kegiatan yang menyenangkan. Jadi saat Anda akan mengajari mereka menulis maka sebaiknya gunakan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya dengan mengajak mereka belajar sambil bermain. Menyisipkan kegiatan belajar dalam aktivitas permainan mereka, tentu tidak akan membuat mereka merasa terbebani dan malah akan lebih menyukai aktivitas tersebut.

2. Ajari menulis dimana saja

Kegiatan belajar anak tidak harus dilakukan di dalam ruangan atau tempat resmi. Menulis bisa Anda lakukan dimanapun. Misalnya saat Anda mengajak anak bermain ke pantai. Anda bisa mengajari anak menulis melalui media pasir. Bila Anda mengajak anak bermain di sebuah taman, Anda bisa menggunakan tempat tersebut untuk menciptakan belajar yang nyaman kepada anak.

3. Hindari memaksa anak

Yang namanya paksaan pastilah tidak nyaman. Demikian halnya dengan belajar menulis yang akan dilakukan oleh anak Anda. Sebagai orang tua jangan sekali memaksa anak. Apalagi dengan perkataan dan sikap yang marah manakala melihat mereka tidak belajar atau belum mahir di dalam menulis. Yang terpenting yang harus dilakukan adalah sebaiknya lebih kepada menumbuhkan semangat belajar mereka. Dengan semangat belajar maka anak akan tumbuh inisiatif sendiri untuk belajar tanpa harus dipaksakan oleh orang tua untuk belajar.

4. Lengkapi dengan fasilitas belajar

Anak sekolah terlebih yang masih kecil merupakan anak yang masih tumbuh dan berkembang penuh dengan stimulus dan media. Jadi ketika Anda akan mengajari mereka suatu keterampilan, maka berikanlah sebuah media pendukung. Media menulis misalnya pensil yang lucu, buku tulis bergambar disertai dengan tulisan-tulisan yang bisa mereka tebalkan, atau garis putus-putus yang bisa mereka hubungkan untuk menjadi sebuah rangkaian huruf yang memiliki sebuah arti.

Itulah cara jitu dalam mengajari anak belajar menulis. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment