Monday 19 September 2016

Cara Menjalin Komunikasi dengan Anak

Cara Menjalin Komunikasi dengan Anak


Homeschooling Surabaya-Homeschooling Pena, 20 September 2016

Komunikasi merupakan hubungan timbal balik antara pembicara dan pendengar. Berkomunikasi tentunya harus menggunakan Tutur bahasa. Baik itu bahasa lisan maupun tulisan. Sering kali terjadi miskomunikasi antar individu sehingga menyebabkan apa yang akan kita sampaikan tidak bisa sampai dengan benar. Menjalin komunikasi terhadap keluarga merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam menjalankan keharmonisan antar keluarga. Komunikasi terhadap anak adalah salah satu bentuk komunikasi dengan keluarga yang harus dilakukan dengan baik. Jangan sampai anak yang Anda sayangi jadi nakal dan lebih mendengar pengaruh dari luar daripada dengan Anda sendiri sebagai orang tuanya.

Menjalin komunikasi yang baik dengan anak tentunya harus dilakukan dalam setiap langkah kehidupan keluarga. Tentnya semua itu harus Anda lakukan dengan tidak kaku. Jadi, bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan anak?

Saat makan bersama

Anda bisa menjalin bentuk komunikasi yang baik bersama anak- anak ketika makan bersama. Dalam suasana yang nyaman ketika makan, Anda bisa memulai menanyakan hal-hal yang menyenangkan dan kurang menyenangkan yang dialami anak. Mungkin pengalaman anak saat di sekolah, atau selama anak berinteraksi dengan temannya. Dengan suasana yang nyaman dan dalam situasi makan, anak akan menceritakan bagaimana kegiatan yang mereka alami.

Mengajak anak untuk duduk bercengkrama

Sesibuk apapun Anda harus menyempatkan diri untuk mengajak anak duduk bercengkrama. Ajak mereka untuk berbincang-bincang. Topik yang Anda angkat harus menyesuaikan dengan dunia anak. Mungkin dari hobi, cita-cita dan pengalaman yang pernah dialami anak. Dengarkan apa yang ingin mereka sampaikan. Masukkan nilai-nilai budipekerti dari sikap yang anak Anda sampaikan.

Bicaralah dengan jelas

Cukup berbicara dengan jelas apa yang ingin Anda sampaikan kepada anak, supaya anak bisa langsung mengerti apa yang sedang kita bicarakan. Jika anak Anda belum paham juga, maka ulangilah dengan perlahan. Dibutuhkan kesabaran hingga anak benar-benar mengerti.

Jadilah pendengar yang baik

Sediakan waktu ditengah kesibukan bekerja untuk mendengar keluhan anak. Biasanya orangtua hanya maunya didengarkan dan dituruti oleh anak. Saat ini belajarlah mendengar keluhan anak. Bisa jadi masalah besar justru muncul karena orangtua yang mengabaikan keluhan anak.

Nah, demikianlah cara yang bisa Anda lakukan dalam menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment