Monday 23 January 2017

Peran Guru dan Orang Tua untuk Mengatasi Sifat Pemalu Anak

HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF

Peran Guru dan Orang Tua untuk Mengatasi Sifat Pemalu Anak


Homeschooling Pena Surabaya, 23 Januari 2017

Anak pemalu biasanya terlihat kurang suka menampilkan diri, kurang PD, memiliki kelemahan dalam berinteraksi dengan teman sebaya, dan kurang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya trutama lingkungan yang baru. Orang tua tentu tentu merasa khawatir bila buah hatinya menunjukkan perilaku yang berbeda antara di rumah dan di sekolah. Saat di rumah, anak terlihat biasa saja, dapat berbicara dengan lancar. Namun orang tua kadang terkejut saat mendengar cerita dari guru bahwa anaknya lebih banyak diam. Anak-anak seperti ini biasanya akan sulit menjalin komunikasi dengan orang baru atau orang yang belum dikenal. Di tengah keramaian, anak seperti ini akan terlihat sangat tidak nyaman dan lebih suka tempat yang sepi. Untuk mengatasi hal ini, tentu orang tua tidak bisa mentperlu menjalin komunikasi lebih intens dengan guru di sekolah.

Peran orang tua

Pertama, ajaklah anak untuk berinteraksi dengan orang-orang baru, misalnya dengan kerabat dekat dan tetangga, serta mengajak anak dalam acara-acara yang banyak dihadiri orang. Kedua, Anda bisa sering mengajak anak berkunjung ke tempat umum yang banyak dikiunjungi orang, misalnya di supermarket, taman bermain, butik, dan lainnya. Ketiga, Anda perlu lebih aktif mengajak anak untuk berkunjung ke rumah, karena anak biasanya akan lebih percaya diri dan nyaman saat ia berkomunikasi di rumah. Keempat, Anda bisa mengajak anak bermain di sekitar rumah atau komplek perumahan Anda, misalnya berjalan-jalan atau bermain di lapangan dimana banyak anak-anak lain bermain juga di sana.

Baca juga Pentingnya Membangun Lingkungan Berkarakter

Peran Guru

Agar usaha yang dilakukan guru bisa berjalan secara maksimal, maka perlu adanya kedekatan antara guru dan anak pemalu ini. Pendekatan memang membutuhkan proses dan waktu. Perlu kesabaran agar guru bisa dekat dengan anak pemalu. Bila sudah terjalin kedekatan antara guru dan anak didik ini, guru bisa semakin intens menjalin komunikasi dengan anak pemalu ini. Misalnya saat anak makan siang atau saat anak menunggu jemputan (sepulang sekolah). Selanjutnya, guru bisa mengajak anak untuk berbicara saat ada teman-teman yang lain. Buatlah anak terbiasa berbicara di depan teman-teman yang lain dengan lebih aktif bertanya atau sekedar bercerita basa basi. Jangan lupa untuk memberikan pujian saat anak mengalami peningkatan dalam hal kepercayaan dirinya, sehingga anak semakin termotivasi.

Sumber : Kak zepe

Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 

TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

 

No comments:

Post a Comment