Monday 30 January 2017

Usir Rasa Bosan Siswa Selama Pelajaran Berlangsung



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF

Usir Rasa Bosan Siswa Selama Pelajaran Berlangsung 

Homeschooling Pena Surabaya, 30 Januari 2017


Meski merupakan sebuah kewajiban utama bagi seorang siswa, belajar terkadang tak melulu soal aktivitas mencatat dan menyimak apa yang guru katakan. Banyak siswa justru merasa bosan jika guru tak pandai membuat suasana kelas yang nyaman.

Jika sudah begitu, rasa bosan pada siswa akan berpengaruh pada prestasi mereka. Peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan akan mengurangi pengaruh kebosanan siswa dalam belajar. Ada beberapa cara yang bisa guru lakukan untuk mengusir kebosanan siswa belajar di sekolah. Bagi Anda guru tentunya sudah melakukan segala upaya dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir kebosanan siswa belajar di sekolah:

Sisipkan game dalam setiap pembelajaran

Game bisa Anda rencanakan sebelumnya atau langsung saat itu juga dilakukan dengan cara spontan, Anak usia sekolah akan sangat senang dengan kegiatan yang berbau kompetisi. Nah, dengan melakukan game kecil di setiap pembelajaran akan mampu mengusir kebosanan belajar mereka.

Menghias kelas dengan aneka gambar dan pernak-pernik

Dengan kelas yang dipenuhi banyak pajangan tentu akan memberikan suasana yang berbeda bagi siswa. Rasa bosan siswa akan teratasi. Hiasan bisa Anda pajang secara bergantian. Hal ini perlu di lakukan sehingga suasana kelas tidak akan terkesan monoton.

Buat humor di sela pembelajaran

Selama belajar di kelas apalagi guru yang mengajar tidak bisa menciptakan pembelajaran yang dinamis pastilah siswa akan sangat bosan dalam menerima pembelajaran. Kebosanan tersebut tidak akan terjadi manakala Anda melakukan kegiatan pembelajaran dalam suasana yang ceria. Keceriaan dalam kegiatan belajar salah satunya bisa Anda lakukan dengan menyelipkan selingan homor kepada siswa. Perlu juga Anda perhatikan kalau humor yang diberikan tidak sampai menyinggung perasaan salah seorang siswa.

Membuka dan menutup kegiatan belajar dengan bernyanyi

Mengusir kebosanan siswa belajar di sekolah bisa Anda lakukan dengan mengajak siswa bernyanyi ketika membuka dan menutup pelajaran. Bernyanyi tentu akan membuat siswa menjadi ceria. Pilih siswa secara bergantian setiap harinya untuk memimpin bernyanyi di depan kelas.


Baca juga Pentingnya Membangun Lingkungan Berkarakter

Sumber : Faqih F



Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 

TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

 

No comments:

Post a Comment