Tuesday 17 January 2017

Suka Bolos? Ini Kerugian yang Anda Dapat



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF
Suka Bolos? Ini Kerugian yang Anda Dapat


HomeschoolingPena Surabaya, 17 Januari 2017


Bolos dari sekolah bisa disebabkan beberapa factor, diantaranya karena siswa memiliki minat dan motivasi belajar yang kurang, pembelajaran guru di kelas membosankan atau kurang menarik, atau bisa juga disebabkan karena lingkungan siswa. Misalnya teman-temannya yang suka mengajak untuk bolos. Yang pasti bolos dari sekolah merupakan tindakan yang sebaiknya tidak Anda lakukan karena membolos merupakan sikap buruk atau perilaku menyimpang yang tidak patut untuk dilakukan. Selain merugikan diri sendiri, juga seharusnya memikirkan orangtua yang bekerja membanting tulang untuk menyekolahkan, tentunya akan membuat orangtua merasa kecewa.

Berikut ini kerugian yang Anda dapatkan kalau suka membolos:

1. Pelajaran tertinggal

Suka membolos tentu akan rugi ilmu, Anda akan tertinggal materi pelajaran dari teman-temanmu, apalagi jika materi tersebut merupakan materi pra syarat untuk belajar ilmu selanjutnya, jika materi pra syaratnya saja Anda tidak paham tentu Anda akan terus tertinggal karena tidak akan paham juga untuk materi selanjutnya.

2. Nilai jelek
Tertinggalnya materi pelajaran tentu akan berdampak pada nilai sekolah yang jelek. Jadi bila Anda sedang punya target untuk meningkatkan prestasi belajar hindari perilaku membolos.

3. Rugi materi
Biaya untuk sekolah itu tidak murah, banyak orangtua berjuang banting tulang hanya untuk menyekolahkan anaknya, agar anaknya menjadi anak berprestasi, bahkan memasukan anaknya ke sekolah yang bagus meskipun biayanya mahal. Semua itu dilakukan demi anaknya agar memperoleh pendidikan yang bagus. Bisa Anda bayangkan bila Anda malah membolos, tidak hanya rugi materi, waktu, Anda akan membuat orangtua kecewa.

4. Menyesal di kemudian hari
Menyesal memang selalu di akhir, namun sebelum Anda lebih lama lagi untuk menyesal, berhentilah membolos agar Anda tidak merasa rugi. Banyak orang ketika sudah terjun di dunia kerja, mereka menyesal karena tidak sungguh-sungguh ketika belajar di sekolah sehingga merasa ilmu yang mereka dapat masih sangat kurang. Atau bahkan sulit untuk memasuki perguruan tinggi favorit, atau pekerjaan-pekerjaan lainnya yang mengharuskan para pekerjanya memperoleh nilai yang bagus.

5. Tidak LULUS
Banyak juga yang tidak naik kelas atau tidak lulus sekolah karena sering membolos sekolah. Hal ini dikarenakan tertinggal materi, dan banyak juga nilai sekolah yang kurang, atau banyak tidak mengumpulkan tugas-tugas dari guru.

Baca juga Mewujudkan Pendidikan Karakter Yang Berkualitas


Jadi, berhentilah membolos dan cobalah untuk menata hidup lebih baik lagi sebelum semuanya terlambat dan merasa menyesal di kemudian hari.

Sumber : Josua M

 

Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 

TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ;
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
Available on Google Play Store
www.homeschoolingpena.com 

No comments:

Post a Comment