Monday 25 September 2017

Anak Suka Meniru Ucapan Negatif? Hadapi dengan Cara In



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Anak Suka Meniru Ucapan Negatif? Hadapi dengan Cara Ini
Sumber Gambar : Kesekolah
Homeschooling Pena Surabaya, 26 September 2017
Meniru ucapan seringkali terjadi pada anak berusia 1-3 tahun, ucapan yang ditiru tidak selamanya berpengaruh positif tapi ada juga yang negatif. Kebiasaan ini dapat terbentuk dari lingkungan keluarga dan lingkungan sosialnya sehingga dibutuhkan pola asuh yang tepat pada anak apalagi di usia emas perkembangannya. Meskipun telah menerapkan pola asuh yang baik akan tetapi beberapa sikapnya yang didapatkan dari lingkungan bermainnya seperti tutur kata dan gerakan yang cenderung negatif mungkin saja dialami oleh anak Anda dengan cara meniru. Hal ini yang harus diwaspadai agar anak tidak meniru ucapan negatif sehingga membentuk pribadi yang lebih baik.

Meniru ucapan yang positif dapat menstimulasi anak untuk belajar berbicara, membuat anak belajar untuk berbahasa dan juga menambah kosakata anak Anda. Tidak hanya itu meniru ucapan yang positif akan menjadi sarana untuk mengekspresikan keinginan, perasaan dan kebutuhan anak. Salah satu contoh untuk mengekspresikan kemampuan anak seperti misalnya kemampuan anak ketika merasa lapar dalam kemampuan ekspresi ini merupakan hasil meniru dari orang tua yang bermanfaat sebagai pengungkapan emosi.

Selain memiliki dampak yang positif ternyata meniru ucapan orang seringkali ke arah yang negatif dari orang dewasa disekitarnya atau tayangan televisi yang tidak sopan. Meskipun anak tidak memahami maksud dari ungkapan tersebut akan tetapi sebaiknya Anda dapat menghadapi anak yang seringkali meniru ucapan anak yang negatif.

Inilah cara dalam menghadapi anak yang suka meniru ucapan yang negatif:
  • Berikan peringatan kepada anak bahwa yang diucapkannya merupakan kata-kata yang tidak baik dan akan menyinggung atau menyakiti orang lain sehingga apabila anak mengulanginya, Anda dapat mengabaikan karena biasanya hanya untuk mencari perhatian saja.
  • Jangan menertawakan ketika anak Anda meniru ucapan negatif. Hal ini akan membuat anak semakin mengingat kata-kata tersebut dan mengulanginya kembali.
  • Abaikan ketika anak mengucapkan kata yang negatif dikarenakan pada awalnya ucapan negatif yang terlontar dari anak bukan dikarenakan mengerti maksudnya melainkan dikarenakan anak Anda suka melihat reaksi dari orang disekitarnya. Anda dapat memperingati dengan cara .
  • Biasakan anak berkata sopan pada saat bertemu dengan orang lain. Mengucapkan terima kasih pada saat orang lain melakukan sesuatu padanya dan juga permisi ketika lewat depan orang yang lebih tua.
Baca juga Dampak Bahaya Memberikan Hadiah Pada Anak

Sebagai orangtua, Anda harus bisa sebagai contoh yang baik buat perkembangan dan pertumbuhan anak Anda.

Sumber: Josua M


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena


No comments:

Post a Comment