Tuesday 19 September 2017

Membuat Anak Menjadi Seorang Pemimpin? Kenapa Tidak!



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Membuat Anak Menjadi Seorang Pemimpin? Kenapa Tidak!

Sumber Gambar : kesekolah

Homeschooling Pena Surabaya, 20 September 2017

Apakah anda sebagai orangtua ingin agar anaknya menjadi seorang pemimpin kelak? Mungkin ini sering ada dibenak masing-masing orangtua. Pemimpin yang dimaksud disini bukanlah seorang penguasa dengan tindakan yang negatif namun menjadi pemimpin yang mengarahkan orang dan rekannya agar mewujudkan suatu hal positif yang ingin dicapai dengan bekerja sama. Seorang pemimpin tidaklah menjadi pemimpin jika tidak memiliki orang yang mendukungnya.

Demikian juga anak, untuk membuat anak memiliki jiwa pemimpin kitalah yang sebagai orangtua harus berperan penting dalam membangun jiwa kepemimpinan anak tersebut dengan mengajarkan dan mencontohkan sikap seorang pemimpin kepada anak.

Dengan menanamkan jiwa kepemimpinan, ketika anak ditunjuk sebagai pemimpin dalam kelompoknya ia dapat mengatur kelompoknya serta bisa memecahkan masalah yang dihadapi pada kelompoknya. Namun bagaimana cara menanamkan jiwa pemimpin pada anak? Berikut cara yang harus anda lakukan dalam menanamkan jiwa pemimpin pada anak.

1. Percaya Pada Anak
Salah satu kunci menjadi seorang pemimpin adalah dipercayai oleh orang. Demikian juga dengan mengajarkan jiwa kepemimpinan pada anak yakni harus berani dan siap. Berani dan siap yang dimaksud adalah mau memberikan kepercayaan pada anak. Anda harus bisa berani untuk percaya pada sang buah hati. Seperti contoh anda memintanya untuk membereskan mainannya yang berserakan. Dan selalu motivasi anak dengan katakan pula pada mereka "apapun yang kamu kerjakan ibu percaya."

2. Ajarkan Kejujuran
Pemimpin akan disukai oleh kelompoknya jika ia memiliki sikap yang jujur. Sebagai orangtua, tunjukkanlah kejujuran pada anak, agar kelak mereka juga berperilaku jujur. Anak akan selalu mengikuti orangtuanya. Dengan melihat cara berbicara Anda, maka anak juga akan terbawa berbicara seperti Anda.

3. Berilah kesempatan kepada anak untuk mengambil keputusannya
Dalam mendidik anak, Anda harus berani membiarkan mereka yang memutuskan segala sesuatu rencana hidup mereka. Biarkan ia memiliki keputusan sendiri, mau kuliah dimana misalnya. Karena karakter seorang pemimpin adalah bisa membuat keputusan dan memulainya.

4. Bentuk Karakter yang Bisa Dipercaya
Sebelum membekali anak-anak jiwa kepemimpinan, orangtua perlu menjadi panutan sebagai orang yang dipercaya. bentuklah karakter yang bisa dipercaya oleh buah hati.
Bila Anda dipercaya, maka orang secara langsung akan mengikuti Anda. Dan apabila Anda percaya dengan seseorang, tentu ada sesuatu yang baik pada orang tersebut.

5. Tegur dengan cara halus apabila anak salah
Apabila anak Anda melakukan sesuatu yang salah, maka beritahulah dengan baik tanpa harus berperilaku keras dan kasar padanya. Didorong untuk tumbuh, bila ada penyimpangan diberitahu dengan baik bukan dengan tindakan dan teguran yang keras.

6. Beri kesempatan untuk mengatasi masalahnya sendiri
Biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri. Biarkan dia sibuk dengan urusannya. Biarkan dia sulit. Supaya ke depannya dia tidak mendapat masalah. Kalau dibiarkan selalu dibantu, maka anak tidak akan bisa mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah sendiri.


Baca juga Homeschooling makin jadi pilihan

(Dikutip dari berbagai sumber)


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena

No comments:

Post a Comment