Friday 15 September 2017

Cara Menghadapi Anak yang Berbohong



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Cara Menghadapi Anak yang Berbohong

Sumber Gambar : Kesekolah
Homeschooling Pena Surabaya, 16 September 2017
Setiap orang pasti pernah berbohong baik anak kecil maupun orang dewasa, yang sulit adalah jika anak belajar berbohong pada orangtuanya. Namun kebiasaan buruk itu tentu tidak boleh dibiarkan berlarut begitu aja. Sebagai orangtua, Anda harus memperhatikan perilaku atau tingkah laku anak sehingga tahu kapan anak berbohong dan kapan mereka jujur. Anda sebagai orangtua juga harus mengetahui betul alasan kenapa anak berbohong. Karena terkadang anak yang berbohong secara tidak sadar terbentuk dari perilaku orangtuanya sendiri yang mengajarkan, seperti pernah menyuruh anak memberitahukan kalau orangtuanya sedang tidak di rumah untuk menghindari orang? Atau menghukum anak saat dia mengaku memecahkan piring atau barang lainnya. Hal seperti ini yang bisa membuat anak mulai belajar berbohong untuk menghindari hukuman.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi anak yang berbohong:
  1. Berilah contoh yang benar terhadap anak karena pada dasarnya anak mengikuti orangtuanya.
  2. Jika anak sudah mulai berbohong cobalah untuk berbicara pelan-pelan kepada anak, jangan langsung memarahinya dan jelaskan apa kerugian yang didapat dari berbohong.
  3. Jika anak masih terus berbohong, Anda sebagai orangtua dapat memberikan hukuman yang tegas agar anak mengerti bahwa berbohong adalah tindakan yang salah.
  4. Jangan membanding-bandingkan anak dengan orang lain langsung dihadapannya, karena hal itu akan membuat anak kecewa dan membuat anak mulai berbohong untuk menutupi kekurangannya.
  5. Berikan perhatian kepada anak sehingga anak merasakan apa yang dimilikinya sekarang sudah cukup dan tidak perlu iri dengan orang lain.
Baca juga Dampak Bahaya Memberikan Hadiah Pada Anak

Itulah cara menghadapi anak yang berbohong dan semoga dapat bermanfaat Anda. Selamat mencoba!

Sumber : Josua M



Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena

No comments:

Post a Comment