Monday 25 September 2017

Hal yang Bisa Mempengaruhi Kepribadian Anak



HOMESCHOOLING PENA   
Setara ( SD/SMP/SMA )  
TERAKREDITASI - BAN PNF


Hal yang Bisa Mempengaruhi Kepribadian Anak

Sumber Gambar : Kesekolah

Homeschooling Pena Surabaya, 25 September 2017

Jadi orangtua bukan perkara yang mudah karena sekecil apapun kesalahan dalam mendidik anak akan berakibat fatal terhadap masa depan dan perkembangan anak. Selain itu, pola asuh yang salah akan berdampak buruk pada kebiasaan dan pola hidup anak. Pada usia dini, anak-anak belum mempunyai kemampuan untuk membedakan sesuatu yang baik dan buruk sehingga anak-anak lebih cenderung meniru setiap perilaku dan kebiasaan yang dilihatnya. Lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak.

Apabila anak tumbuh di lingkungan yang tepat dengan pola asuh yang benar maka anak akan tumbuh dengan kepribadian yang baik. Akan tetapi sebaliknya jika anak dibesarkan dengan pola asuh yang salah maka hal ini akan berdampak buruk terhadap perkembangan psikis anak. Mendidik anak adalah hal yang gampang-gampah susah sehingga dibutuhkan kehati-hatian supaya tidak salah memberikan pendidikan dan pola asuh.

Berikut hal yang harus dihindari dalam pembentukan pribadi anak:
1. Kebiasaan memanjakan anak

Pola asuh yang terlalu memanjakan dan menuruti semua keinginan anak tentunya akan berdampak bagi perkembangan anak. Kebiasaan tersebut akan membuat anak tidak memiliki kepribadian yang baik. Anak yang terlalu di manjakan akan tumbuh dengan kepribadian yang senantiasa bergantung pada orang lain dan tidak bisa mandiri.

2. Mengeluarkan ucapan kasar pada anak
Anak-anak lebih cenderung meniru setiap perilaku dan ucapan yang didengarnya, baik itu di lingkungan keluarga ataupun di lingkungan sosialnya. Anak-anak belum mempunyai kemampuan untuk menyaring serta membedakan hal yang baik dan buruk. Oleh karena itu, untuk membentuk pribadi anak yang baik, jangan pernah memberikan contoh yang tidak baik di depan anak-anak.

3. Terlalu memberikan tekanan pada anak
Menerapkan pola asuh untuk anak harus dilakukan dengan cara yang tepat. Jangan terlalu mengatur dan mengarahkan tanpa memberi kesempatan pada anak. Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi psikologis anak. Sikap terlalu mengatur akan membuat anak tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan dan menyalurkan setiap kemampuan yang dimilikinya. Dampak buruk yang akan dirasakan anak yaitu tidak memiliki pendirian dan senantiasa melakukan sesuatu atas perintah orang lain sehingga pada akhirnya bukan tidak mungkin kalau anak akan berontak.

4. Terlalu menuntut anak supaya lebih sempurna
Memberikan target pada anak untuk mencapai suatu tujuan memang hal yang baik supaya anak mau berusaha dan berjuang dengan sungguh-sungguh. Akan tetapi Anda sebagai orangtua tidak boleh memaksakan anak untuk melakukan sesuatu di luar batas kemampuannya. Hal ini bisa berdampak pada perkembangan psikologis anak sehingga bisa menyebabkan anak menjadi stres. Selain itu, ketika anak tumbuh dewasa akan cenderung melakukan segala hal untuk mencapai tujuannya tanpa memikirkan dampak negatif.

5. Kebiasaan menakut-nakuti dan mengancam anak
Menghadapi sikap anak-anak terkadang membuat orangtua merasa jengkel sehingga tanpa di sadari mengeluarkan kata-kata yang mengancam atau menakuti anak. Hal tersebut dilakukan oleh orangtua supaya anak menuruti semua perintah. Akan tetapi kebiasaan mengancam dan menakuti anak akan berdampak buruk bagi perkembangan psikologis anak.


Baca juga Aksi Tanam 1000 Pohon Mangrove

Sumber: Josua M


Enroll Now !

Information & Registration :
Jl. Ketintang Baru III No. 3 Surabaya
Phone : 031-8299413
Mobile : 081234441997
Ijin Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/7736/436.6.4/2014 
TERDAFTAR di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9908360
Follow Us on Twitter
@homeschool_pena


No comments:

Post a Comment